Tips Belajar Desain Grafis untuk Pemula

Harisenin.com
3 min readJun 24, 2022

Hai Risers, Belajar desain grafis untuk pemula saat ini menjadi salah satu kegiatan belajar yang sedang populer untuk dipelajari dan dapat memberikan banyak manfaat. Kebutuhan yang tinggi terhadap kemampuan desain grafis dalam dunia kerja dan tersedianya bidang pekerjaan yang berkaitan dengan desain menjadi nilai keunggulan belajar desain grafis. Tentunya, dapat menjadi peluang yang baik untuk kamu sebagai pemula.

Nah menarik kan? ketahui tips belajar desain grafis untuk pemula disini!

Baca juga: 5 Pertimbangan Memilih Laptop Desain Grafis

1. Kuasai Kemampuan Dasar Desain Grafis

Source: Unsplash

Belajar desain grafis untuk pemula dapat dimulai dari menguasai berbagai kemampuan dasar dalam desain grafis. Dalam membangun kemampuan dasar desain grafis, kita perlu menguasai mulai dari cara menggunakan peralatan, jenis jenis desain, elemen, pemilihan warna, dan berbagai teknik menggambar. Keseluruhan kemampuan tersebut dapat dipelajari dari tempat kursus, pelatihan, bahkan melalui cara otodidak dengan video yang tersedia di Internet. Kita juga berpeluang mendapatkan sertifikasi jika kita mengikuti kelas pelatihan resmi.

Kemampuan dasar ini dapat menjadi modal awal yang sangat berharga dalam mempelajari desain grafis untuk pemula. Kreativitas kita juga dapat diasah dengan menggabungkan berbagai kemampuan dasar menjadi sebuah kombinasi desain grafis yang dapat terus diasah.

2. Dapatkan Contoh Desain Grafis dan Analisis

Source: Unsplash

Sebagai salah satu kemampuan yang membutuhkan kreativitas, belajar desain grafis untuk pemula dapat memanfaatkan contoh desain grafis yang sudah tersebar melalui internet. Kita dapat mencari desain grafis dari tokoh favorit kamu untuk mendapatkan inspirasi dan pengetahuan baru tentang ide desain grafis. Selain mencari contoh desain, kita juga dapat melakukan analisis dari contoh tersebut. Kita dapat mengamati bagaimana teknik pemilihan warna, penggunaan berbagai elemen, tipografi, penataan letak gambar, dan berbagai komponen lainnya.

Hasil analisis kita dapat dituliskan dan diterapkan dalam proses pembelajaran desain grafis yang sedang dilakukan. Lakukan berbagai pencarian ide desain dan analisis sebanyak mungkin untuk mendapatkan sudut pandang baru dalam desain.

3. Temukan Gaya Desain Grafis versi Kamu Sendiri

Source: Unsplash

Belajar desain grafis untuk pemula membutuhkan banyak percobaan dan eksplorasi mendalam. Kita dapat melakukan percobaan membuat desain berdasarkan hasil pembelajaran kita hingga kita mampu membuat gaya desain grafis sendiri. Tentunya jika kita sudah menemukan hal tersebut, dapat meningkatkan keunikan kita di tengah berbagai desain grafis yang ada. Untuk menemukannya, kita juga dapat menggunakan strategi mengadaptasi desain orang lain dengan modifikasi versi kita.

Namun tetap perlu diperhatikan aspek orisinalitas dan hak cipta. Tetap hormati seluruh hak cipta yang dimiliki oleh desainer grafis lainnya

4. Bergabung dengan Komunitas

Source: Unsplash

Selama proses belajar desain grafis, kita juga dapat bergabung dengan komunitas sesama desainer grafis. Di dalam komunitas tersebut, kita dapat saling berbagi ilmu pengetahuan, saling menambah jejaring relasi, hingga mendapatkan peluang karir lewat klien yang membutuhkan jasa desain grafis. Kita juga dapat meminta evaluasi melalui kritik saran dengan anggota komunitas lainnya. Sehingga jika masih terdapat kekurangan yang terjadi, kita dapat memperbaiki dan meningkatkan kemampuan desain grafis kita ke tahap yang lebih lanjut

Baca juga: Pahami Tugas Utama Menjadi Desain Grafis Untuk Pemula

--

--

Harisenin.com

#1 Work-based Learning Platform. 🎓 Harisenin Millennials School 💁‍♀️ Harisenin Mini School 👩‍💻 Live Class #SadarHarusBelajar lynk.id/harisenin.com