Simak 7 Elemen Desain Grafis Berikut Sebagai Dasar Mendesain

Harisenin.com
2 min readFeb 5, 2022

Dalam menghasilkan karya desain grafis perlu adanya perhatian khusus terkait 7 elemen desain grafis. Ketujuh elemen ini cukup penting dan menjadi dasar fundamental dalam mendesain dan yang akan mewujudkan prinsip desain.

Adapun beberapa elemen desain grafis yang umum untuk dipadukan dapat disimak sebagai berikut:

Garis (Line)

Garis sendiri sudah kita ketahui bersama sebagai suatu unsur desain yang menghubungkan antara satu titik poin dengan titik poin yang lainnya, sehingga dapat terbentuk garis. Garis yang dapat dibentuk terdiri dari dua jenis, yakni garis lengkung (curve) atau lurus (straight).

Bentuk (Shape)

Bentuk dapat diartikan sebagai segala hal yang mempunyai diameter, tinggi dan lebar. Bentuk dapat terjadi akibat adanya seperangkat garis yang ditempatkan berdekatan. Bentuk dasar yang banyak diketahui adalah kotak (rectangle), lingkaran (circle), dan segitiga (triangle).

Sementara berdasarkan sifatnya, bentuk dapat dibedakan menjadi tiga, yakni huruf, simbol, dan bentuk nyata.

Ukuran (Size)

Ukuran merupakan definisi seberapa besar atau kecil suatu hal. Ukuran didapatkan dari perbandingan antara bentuk satu dengan bentuk lainnya. Dengan menggunakan elemen desain grafis ini mampu menciptakan kontras dan penekanan pada objek desain, sehingga membantu para pembaca memprioritaskan mana yang akan dilihat atau dibaca terlebih dahulu.

Warna (Color)

Warna merupakan elemen penting dalam objek desain yang menampilkan identitas, menyampaikan pesan atau membedakan karakter dari bentuk satu dengan bentuk lainnya secara visual.

Typografi (Type)

Dalam karya desain grafis dibutuhkannya tulisan, teks, maupun tipografi sebagai elemen pendukung yang cukup penting. Tulisan disusun dengan tetap memperhatikan nilai estetika dan konsep elemen lainnya sebagai dasar fundamental desain.

Ruang (Space)

Ruang dapat diartikan sebagai jarak yang memisahkan antar sesuatu, dalam hal ini dapat berupa garis, bentuk, dan lain sebagainya. Keberadaan ruang digunakan sebagai media memisahkan dan/atau menyatukan elemen-elemen layout dari objek desain grafis.

Tekstur

Tekstur dapat diartikan sebagai tampilan permukaan atau corak suatu benda yang dapat diamati secara visual dalam objek desain digital. Dengan kata lain, tekstur merupakan corak dari suatu objek yang memberikan penegasan bahkan media pembawa ke dalam sebuah rasa/ emosi.

Harisenin Millennial School — Graphic & Motion Designer

Jika kamu ingin lebih memahami apa itu desain grafis lebih jelas, cobalah dengan mengikuti kursus online Graphic & Motion Designer yang telah disiapkan harisenin.com khusus buat kamu para punggawa desain.

--

--

Harisenin.com

#1 Work-based Learning Platform. 🎓 Harisenin Millennials School 💁‍♀️ Harisenin Mini School 👩‍💻 Live Class #SadarHarusBelajar lynk.id/harisenin.com