5 Cara Membangun Brand untuk Peluang Bisnis

Harisenin.com
3 min readJun 16, 2022

Hai Risers, membangun brand yang kuat telah menjadi sebuah keharusan bagi setiap pelaku bisnis di era modern. Cara agar kita dapat membangun brand yang kuat membutuhkan strategi branding yang tepat, sehingga dapat membentuk identitas bisnis yang dikenal di tengah persaingan pasar yang semakin ketat.

Nah, bagaimana cara membangun brand untuk peluang bisnis saat ini? Ketahui disini!

Baca juga: Wajib Tahu! Ini Cara-Cara Membangun Bisnis!

1. Ketahui dan Tentukan Target Audiens

Source: Unsplash

Cara membangun brand yang pertama dapat dilakukan dengan mengetahui dan menentukan target audiens yang ingin dijangkau oleh brand kepada konsumen. Hal ini dibutuhkan agar kita dapat fokus pada satu segmentasi kelompok yang lebih jelas, sehingga dapat meningkatkan kemungkinan keberhasilan dari strategi branding. Agar kita dapat mengetahui audiens, kita harus melakukan riset langsung ke lapangan untuk melihat berbagai karakteristik konsumen yang kemudian menjadi dasar penentuan strategi komunikasi dan strategi bisnis

2. Tentukan Keunikan dan Misi yang Ingin Dicapai

Source: Pexels

Setelah mengetahui target segmentasi yang ingin dicapai, cara membangun brand yang selanjutnya adalah menentukan hal unik apa yang ingin dibawakan oleh brand dan menentukan tujuan yang ingin dicapai. Keunikan dari suatu brand akan memberikan keunggulan tersendiri di tengah persaingan pasar. Karena dengan keunikan yang dibawa, suatu brand akan mudah diingat oleh konsumen. Dan misi yang ingin dicapai dapat kita tuangkan melalui logo, tagline hingga kampanye marketing kepada konsumen. Buat seluruh misi tersebut dengan kreativitas, copywriting dan kalimat yang mudah diingat oleh audiens kita.

3. Lakukan Analisis Kompetitor

Source: Pexels

Analisis kompetitor dapat dilakukan oleh kita yang sedang membangun brand. Analisis kompetitor dibutuhkan untuk mengetahui pola persaingan pasar yang terjadi, sehingga kita dapat memposisikan produk secara tepat dan sesuai dengan misi yang ingin dicapai. Dengan analisis kompetitor juga, kita dapat mengetahui sejauh mana brand yang kita bawakan dapat mengungguli brand lainnya. Ketika kita sudah mengetahui posisi persaingan brand, kita dapat menentukan strategi dan perubahan yang tepat sasaran sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

4. Perhatikan Penampilan Brand di Tengah Konsumen

Source: Pexels

Suatu benda tentunya akan menarik mata kita untuk melihat ketika memiliki penampilan yang baik. Hal yang sama juga berlaku bagi sebuah brand di tengah konsumen. Kita perlu memperhatikan bagaimana brand yang sedang kita bangun dapat tampil dan muncul kepada konsumen. Misalnya, jika kamu sedang membangun brand kuliner, kita perlu memperhatikan kemasan produk yang dapat menarik. Selain itu, kita juga harus memperhatikan label produk yang sesuai dengan identitas yang sedang dibangun. Pastikan juga seluruh penampilan brand sudah memenuhi kriteria hukum seperti hak cipta dan plagiarisme agar brand yang sedang kita bangun tidak terkena masalah yang serius.

5. Lakukan Strategi Marketing yang Tepat Sasaran

Source: Pexels

Cara membangun brand yang satu ini menjadi yang terpenting untuk dilakukan dan dipertimbangkan secara matang. Sebuah brand yang baik dan sukses, adalah brand yang dikenali oleh para konsumennya. Kita perlu melakukan strategi pemasaran dan promosi yang sesuai dengan target audiens kita. Misalnya, jika kita menargetkan segmen pasar anak muda, strategi pemasaran yang tepat adalah dengan menggunakan media sosial dan dengan penampilan branding kreatif dan unik. Lakukan strategi tersebut secara terus menerus agar brand yang kita bangun dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

Baca juga: 4 Cara Mengembangkan Bisnis Digital Marketing Bagi Pemula

--

--

Harisenin.com

#1 Work-based Learning Platform. πŸŽ“ Harisenin Millennials School πŸ’β€β™€οΈ Harisenin Mini School πŸ‘©β€πŸ’» Live Class #SadarHarusBelajar lynk.id/harisenin.com