Wajib Tahu! Ini Cara-Cara Membangun Bisnis!

Harisenin.com
4 min readMar 17, 2022

Membangun suatu bisnis dari awal memang tidak mudah. Butuh banyak pengeluaran ide, waktu, hingga modal. Niat juga akan menjadi tolak ukur bisnis kamu nantinya, apakah akan berhasil, atau tidak. Tetapi tenang saja, karena kali ini kami akan membagikan tips atau cara membangun bisnis, khususnya untuk kamu para pemula.

Sebagai pemberitahuan awal, kamu harus mengetahui bisnis apa yang ingin kamu tekuni. Kalau kamu masih merasa bingung akan bisnis yang kamu akan pilih, akan sulit untuk kamu membangun bisnis yang nantinya akan sukses. Kamu tidak bisa merasa labil dalam membuat bisnis. Tidak hanya itu, tetapi kamu juga harus siap untuk berani ambil risiko.

Sebelumnya, kamu sudah tahu belum arti dari bisnis itu sendiri apa? Mengutip dari Kata Data, bisnis adalah kegiatan yang dilakukan oleh individu dan organisasi yang menciptakan nilai melalui produk barang dan jasa untuk memperoleh keuntungan dan memenuhi kebutuhan masyarakat. Sekarang sudah paham kan?

Saat ini, pastinya sudah banyak sekali bisnis-bisnis baru yang dibuat oleh masyarakat, mulai dari bisnis makanan atau minuman, hingga bisnis online shop yang berada di marketplace. Biasanya, pengusaha-pengusaha ini menentukan target pasarnya sebelum berjualan. Kalau kamu masih sulit untuk menentukannya, bagaimana kamu bisa mendapatkan pembeli yang sepenuhnya mengerti dengan apa yang bisnis kamu tawarkan?

Nah, sekarang kita cek yuk ada cara-cara apa saja sih untuk kamu para pemula yang ingin memulai bisnis! Jangan sampai di skip ya!

1. Pikirkan Bisnis Yang Ingin Ditekuni

Photo: iStock

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah bisnis yang ingin kamu pilih dan tekuni. Jangan sampai kamu di tengah jalan masih tidak yakin dengan apa yang ingin kamu jalani. Karena jika itu terjadi, hasil yang didapatkan akan tidak maksimal. Maka dari itu, kamu harus benar-benar pikirkan dengan matang ya bisnis yang kamu pilih nantinya.

2. Pelajari Semua Hal Sebelum Memulai Bisnis

Photo: iStock

Setelah kamu memilih bisnis tersebut, jangan lupa untuk mempelajari semua hal yang harus dipahami. Bayangkan saja kalau kamu ingin menjalankan bisnis, tetapi kamu masih tahu dasar-dasarnya saja. Hal tersebut akan sangat membahayakan kamu pada saat bisnis sudah berjalan, bahkan juga bisa terjadi saat proses masih berlangsung.

Baca Juga: Cara Membangun Startup dan Tipsnya untuk Pemula

3. Belajar Dari Pengalaman & Orang Terdekat

Photo: iStock

Kamu juga bisa belajar-belajar lebih banyak dari orang terdekat kamu lho! Mulai dari keluarga, kerabata, teman, dan guru atau dosen. Tidak hanya belajar, tetapi kamu juga bisa mendapatkan pengalaman yang berharga dari mereka. Belajar dan memahaminya memang penting, tetapi mendapatkan informasi dan saran dari orang sekitar itu juga sangat dibutuhkan ya!

4. Hidup Santai & Seadanya

Photo: iStock

Mencoba menjalani hidup dengan santai dan rileks, pasti hidup kamu akan berasa nyaman sekali. Serta, jalani hidup kamu dengan seada-adanya saja ya. Hal ini dilakukan agar kamu tidak melebih-lebihkan dan mengurang-ngurangkan secara sengaja, efeknya akan sangat tidak enak untuk nanti kedepannya. Apalagi bisa berdampak ke bisnis kamu nanti lho!

5. Memiliki Konsep Yang Baik & Jelas

Photo: iStock

Sebuah bisnis harus memiliki konsep yang jelas, serta pondasi yang baik juga. Pastikan bisnis kamu sudah sangat jelas arahnya dan hal-hal lainnya yang harus dipertimbangkan sebelum terjun ke pasar nanti. Kalau ada sesuatu hal yang masih kurang, pastikan hal tersebut diperbaiki terlebih dahulu. Waktu tidak akan pernah mengkhianati proses.

Baca Juga: 10 Buku Bertema Startup Terbaik Tahun 2022

6. Persiapkan Strategi Bisnis

Photo: iStock

Tahap ini sangat krusial untuk kamu buat dan kembangkan. Karena membuat strategi bisnis itu tidak mudah dan sangat menentukan bisnis kamu nantinya akan berhasil atau tidak dalam jangka waktu yang panjang. Maka dari itu, kamu harus benar-benar teliti dan fokus dalam membuat dan mempersiapkan strategi bisnis kamu.

7. Jangan Takut Untuk Membuat Kesalahan

Photo: iStock

Setiap orang pasti akan membuat kesalahan, bahkan setiap hari pasti terkadang ada saja kesalahan yang kita buat. Dari kesalahan tersebut, kita akan belajar dan menjadikan pelajaran untuk kita tidak melakukan kesalahan yang sama. Sama halnya dalam bisnis, kamu harus siap untuk membuat kesalahan, karena itu akan menjadi pelajaran yang berharga untuk kedepannya dalam mengelola bisnis kamu.

Baca Juga: Simak Perbedaan Product Manager dan Product Owner

Kamu sekarang sudah tahu nih cara-cara membangun bisnis dari awal, sudah tahu belum mau buat bisnis bidang apa?

--

--

Harisenin.com

#1 Work-based Learning Platform. πŸŽ“ Harisenin Millennials School πŸ’β€β™€οΈ Harisenin Mini School πŸ‘©β€πŸ’» Live Class #SadarHarusBelajar lynk.id/harisenin.com