Yuk Cari Tahu Gaji Business Development di Tahun 2022

Harisenin.com
3 min readApr 4, 2022

Jika Anda memiliki passion dalam bidang bisnis, maka sudah tidak asing lagi dengan profesi business development. Tetapi apakah Anda tahu berapa gaji business development dan seperti apa job desk nya di dalam perusahaan.

Jangan bingung, yuk cari tahu jawabannya pada artikel di bawah ini.

Business Development Itu Apa Sih?

Dalam birokrasi perusahaan, ada satu posisi pekerjaan yang perannya cukup sentral dalam konteks operasional produk dalam bisnis. Pekerjaan tersebut adalah business development yang memang memiliki fungsionalisme yang vital di tubuh perusahaan.

Business development secara harfiah merupakan kegiatan untuk memproduksi dan melahirkan suatu nilai yang akan dimanfaatkan dalam operasional bisnis. Nilai ini yang nanti akan dikonversikan menjadi variabel melalui pasar, konsumen, dan relasi bisnis.

Mengutip dari Glints, seseorang yang bekerja sebagai business development akan memformulasikan sebuah mekanisme yang efektif untuk menghubungkan tiga konektivitas bisnis, yaitu pasar, konsumen, dan relasi bisnis.

Anda pasti bingung apa itu nilai jangka panjang. Sederhananya, nilai jangka panjang ini mencakup hal-hal yang sifatnya materi maupun non-materi. Seperti contohnya adalah uang, branding, income, revenue, kepercayaan, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Wajib Tahu! 6 Job Desk Business Development

Job Desk Business Development Apa Aja Sih?

Seorang business development memiliki beberapa tugas penting dalam perusahaan. Apa saja? Yuk baca di bawah ini.

Merencanakan Operasional Bisnis Perusahaan

Pertama, tugas seorang business development yaitu melakukan perencanaan dan penyusunan terhadap teknis dan strategi bisnis perusahaan. Perencanaan dan penyusunan ini dihasilkan dari proses riset mendalam mengenai tren pasar dan perilaku konsumen.

Melakukan Riset Mendalam Mengenai Tren Pasar

Kedua, tugas seorang business development yaitu melakukan riset mendalam yang sistematis mengenai tren pasar yang berkaitan dengan perilaku konsumen. Tren dari pasar bisnis yang dinamis dan cenderung berubah-ubah harus dicari konklusinya untuk dikonversikan dalam pengembangan bisnis.

Mempertahankan Hubungan Baik dengan Konsumen

Ketiga, tugas seorang business development yaitu mempertahankan hubungan baik dengan konsumen maupun target konsumen. Hal ini berimplikasi terhadap bagaimana seorang business development menciptakan citra yang baik terhadap perusahaan.

Gaji Business Development Tahun 2022

Setelah Anda mengetahui definisi dan job desk dari business development, maka Anda perlu tahu berapa gaji dari profesi ini di tahun 2022. Mengutip dari Indeed, gaji seorang business development berkisar di angka Rp 7.339.385.

Namun, di beberapa perusahaan dan kota-kota besar lainnya memiliki gaji yang relatif berbeda-beda. Misalnya, di kota Jakarta gaji seorang business development adalah di angka Rp 8.890.826 dan di kota Cimahi berkisar di angka 8.370.660.

Tetapi untuk seorang business development yang masih junior berkisar di angka Rp 5.000.000 dan paling tinggi di angka Rp 10.000.000. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk bekerja sebagai seorang business development. Jika iya, yuk baca artikel-artikel dari Harisenin.com mengenai karir business development di bawah ini.

Baca Juga: Mengenal Profesi Business Development, Apa saja Tugas dan Skill yang dibutuhkan

--

--

Harisenin.com

#1 Work-based Learning Platform. πŸŽ“ Harisenin Millennials School πŸ’β€β™€οΈ Harisenin Mini School πŸ‘©β€πŸ’» Live Class #SadarHarusBelajar lynk.id/harisenin.com