UX Research, Bidang yang Diprediksi Kukuh Berkembang!

Harisenin.com
3 min readJul 1, 2022

Di tengah pesatnya perkembangan teknologi dan informasi, bidang pekerjaan User Experience Research (UX Research) diperkirakan akan bertumbuh dengan makmur ke depannya. Hal ini dikarenakan UX Research adalah bagian integral dari pembuatan produk!

Keberadaannya penting dan mendasar, sebab UX Research adalah proses riset yang hasilnya akan menjadi ‘bahan’ untuk perancangan produk. Perancangan produk yang berbasiskan data dan evidence ini yang biasa disebut sebagai UX Design.

Dengan begitu, dapat dikatakan bahwa dalam prosesnya orang yang mengerjakan UX Research dan UX Design saling berhubungan satu sama lain. Dalam hal ini sang pelaku biasa disebut sebagai UX Researcher dan UX Designer.

Baca Juga: UI/UX Designer Pemula: 7 Hal yang Wajib Dipelajari

Meski demikian, UX Research relatif bekerja lebih awal dibanding UX Design. Proses ini bahkan menjadi langkah awal untuk bisa memulai perancangan produk.

Metode UX Research

Riset yang dilakukan UX Researcher berguna untuk mengetahui perilaku, kebutuhan, serta hal yang sesungguhnya dibutuhkan user dari produk. Untuk mencapai hal-hal tersebut, terdapat metode-metode yang bisa dilakukan.

User Interview

User Interview pada UX Research — Unsplash
Sumber: Unsplash

Metode pertama dan yang tergolong cukup umum digunakan yakni wawancara. Melalui pertanyaan dan diskusi dengan user, researcher bisa mendapat wawasan dan gambaran produk yang sekiranya user-centered.

Adapun melansir Maze.co, interview yang optimal juga akan membutuhkan researcher yang memiliki pengetahuan yang mumpuni mengenai topik atau produk.

Poin penting lainnya yang juga harus diperhatikan adalah berfokus pada ‘why’ untuk dapat melihat motif dari user. Rasa empati dan penasaran pun dikatakan akan sangat membantu untuk mendapatkan hasil terbaik dari wawancara.

Baca Juga: Apa itu UI dan UX? Intip Artikel Berikut Ini!

Usability Testing

Usability Testing pada UX Research — Unsplash
Sumber: Unsplash

Metode lainnya dari UX Research adalah usability testing. Pada metode ini, kebergunaan dari rancangan produk akan diuji dan dievaluasi.

Sama seperti user interview, usability testing juga akan melibatkan user. Adapun tujuan yang hendak dicapai adalah untuk memperoleh feedback user. Di mana dari hasil tersebut, seorang UX Researcher akan mengetahui apakah desain yang dirancang sudah cukup mudah dan efektif secara fungsional atau masih memerlukan perbaikan.

Metode ini sendiri dapat dibagi lagi ke dalam beberapa macam. Mulai dari moderated dan unmoderated usability testing, metode kualitatif, serta jenis lainnya.

Baca Juga: Rekomendari 9 Tools UX Research

Dengan bahasan singkat di atas, bisa dikatakan bahwa UX Research adalah sebuah bidang pekerjaan yang menjadi cukup menjanjikan terlebih untuk saat ini. Topik ini sendiri masuk ke dalam bahasan UI/UX Designer and Product Manager Bootcamp di Harisenin.com.

Jika kamu tertarik untuk lebih jauh mempelajari atau bahkan membangun karir di bidang ini, yuk ikuti kelasnya di Harisenin.com!

--

--

Harisenin.com

#1 Work-based Learning Platform. 🎓 Harisenin Millennials School 💁‍♀️ Harisenin Mini School 👩‍💻 Live Class #SadarHarusBelajar lynk.id/harisenin.com