Terbukti! 6 Cara Ampuh Mengatasi Rasa Malas Setiap Hari

Harisenin.com
4 min readApr 21, 2022

Hai Risers, Cara mengatasi malas sangat diperlukan demi menjaga kesehatan tubuh dan mampu menyeimbangkan aktivitasmu sehari-hari. Pada dasarnya, rasa malas muncul dengan sendirinya tanpa kita sadari. Hal ini dapat menurunkan semangat dan stamina tubuh, hingga mempengaruhi produktivitas yang dijalani setiap hari.

Mempunyai rasa malas, wajib kita hilangkan agar dapat membangun kualitas diri yang lebih baik dan menumbuhkan rasa semangat dalam memulai aktivitas dan pekerjaan setiap hari.

Nah, bagaimana cara mengatasi malas yang ampuh? Ketahui cara dibawah ini!

Baca juga: 4 Tips Manajemen Waktu dalam Menjalankan Side Hustle

1. Menyusun Jadwal Kegiatan

Source: Pexels

Cara mengatasi malas dapat kita lakukan dengan memulai suatu kegiatan dengan menyusun jadwal yang teratur dalam setiap hari. Cara ini dapat menghilangkan rasa malas, sehingga tidak ada waktu kosong untuk kamu bermalas-malasan. Dengan rajin menyusun jadwal setiap hari, kegiatan kamu menjadi lebih terencana, produktif, dan seluruh pekerjaan dapat selesai dengan tepat waktu.

Kamu dapat membuat to-do-list semua pekerjaan penting kamu secara berurutan dalam setiap hari agar meminimalisir kelupaan, bingung, hingga ketinggalan mengerjakan suatu pekerjaan.

2. Temukan Suasana Baru yang Nyaman

Source: Pexels

Cara mengatasi malas dapat kita lakukan dengan mencari suasana baru. Bagi beberapa orang, pasti selalu merasa bosan dengan suasana seperti biasanya. Hal ini sering menumbuhkan rasa untuk bermalas-malasan hingga sering menunda suatu pekerjaan. Maka, cara ini dapat meningkatkan semangat untuk bekerja setelah menemukan suasana baru seperti di cafe, perpustakaan, ruangan kerja baik di rumah maupun di luar yang mendukung suasana kenyamanan, kondusif, dan dikelilingi banyak orang yang sama-sama bekerja. Sehingga, kamu menjadi lebih termotivasi dan fokus terhadap pekerjaan yang akan dilakukan.

3. Mengatur Waktu dan Prioritas

Source: Pexels

Tentunya, setiap orang pasti sering mengalami kondisi atau banyak kegiatan lainnya yang harus diselesaikan dalam satu waktu yang bersamaan hingga beban suatu pekerjaan menjadi berat, sangat sibuk, lelah, dan rasa ingin bermalas-malasan. Jika kamu berada dalam kondisi seperti itu, ada baiknya kamu mampu mengatur waktu dan menyusun skala prioritas pekerjaan mana yang harus segera diselesaikan.

Kamu dapat mengerjakan tugas dari yang mudah terlebih dahulu dengan waktu yang lebih singkat sebelum mengerjakan tugas yang lebih sulit dengan membutuhkan waktu lebih lama. Dengan ini, kamu dapat mengerjakan tugas secara bertahap dan mampu menyelesaikan seluruh to-do-list yang telah kamu rencanakan. Cara ini dapat mengatasi rasa malas dan terciptanya motivasi untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.

Baca juga: Ciri-ciri Hustle Culture dan Tips Menanganinya

4. Berpikir Positif

Source: Pexels

Cara mengatasi malas dengan menciptakan pola pikir yang positif, hindari berpikir negatif dan mengeluh berkepanjangan di saat melakukan suatu pekerjaan. Lakukan pekerjaan dengan penuh semangat, optimis, mau belajar, dan selalu mensyukuri setiap keadaan yang dialami setiap hari. Dengan selalu berpikir positif, kita dapat terhindar dari rasa malas dan pesimis. Sehingga, seluruh pekerjaan dapat diselesaikan dengan senang hati dan tepat waktu.

5. Menghindari Distraksi

Source: Pexels

Distraksi dapat menganggu aktivitas dan pekerjaan kita. Contoh distraksi yang sering terjadi di sekitar kita seperti membuka gadget untuk melihat media sosial, suara berisik yang mengganggu fokus kita, dan keramaian di lingkungan tempat kerja. Kita dapat mengatasi distraksi tersebut dengan cara menonaktifkan gadget saat bekerja dan fokus terhadap suatu pekerjaan yang sedang kita lakukan. Cara ini dapat menumbuhkan kedisiplinan, semangat, dan mampu menghindari segala gangguan yang terjadi.

6. Self Reward atas Pencapaian Diri

Source: Unsplash

Saat kamu mampu mengatasi seluruh rasa malas dengan berhasil melalui lima cara sebelumnya, maka kamu pantas memberikan penghargaan untuk diri sendiri atas pencapaian diri kamu yang telah kamu lakukan dengan kerja keras, penuh semangat, dan motivasi. Self reward yang dapat kamu lakukan yaitu beristirahat dengan melakukan hal yang kamu sukai seperti berlibur, me time, dan staycation di tempat yang indah. Hal ini dapat menciptakan kembali rasa semangat, bersantai, dan pikiran pun akan menjadi lebih tenang dan segar untuk beraktivitas kembali.

Baca juga: Mengintip Gaya Kerja Hustle Culture dan Dampaknya bagi Tubuh

--

--

Harisenin.com

#1 Work-based Learning Platform. 🎓 Harisenin Millennials School 💁‍♀️ Harisenin Mini School 👩‍💻 Live Class #SadarHarusBelajar lynk.id/harisenin.com