Product Manager: Definisi, Tugas, dan Skill yang Diperlukan

Harisenin.com
3 min readJun 30, 2022

Product manager merupakan seseorang yang memiliki peran penting pada perusahaan yang menghasilkan produk. Profesi ini pun adanya termasuk cukup ramai dibicarakan belakangan ini.

Seperti namanya, pekerjaan product manager erat berkaitan dengan produk. Product manager adalah orang yang bekerja dan terlibat dalam pengembangan produk suatu bisnis atau perusahaan.

Meskipun pekerjaan ini belum lama dikenal secara umum di Indonesia, pekerjaan ini di sisi lain cukup on demand di luar negeri. Glassdoor pada tahun 2020 bahkan menggolongkan pekerjaan ini sebagai salah satu pekerjaan terbaik di USA, tepatnya di peringkat 4!

Product manager pun dibutuhkan oleh berbagai perusahaan. Perusahaan-perusahaan software menjadi satu contoh umumnya. Dan pada kasus ini, software yang mereka hasilkan adalah produk yang menjadi perhatian kerja product manager.

Tugas Product Manager

Tugas Product Manager — Pexels
Sumber: Pexels

Sebagai orang yang banyak turut campur dalam pengembangan produk, product manager memiliki beberapa tugas. Adapun melansir dari Productfolio, ranah kerja ini dapat dibagi ke dalam tiga fokus: product discovery, product planning, dan product development.

Product discovery merupakan titik perumusan produk yang akan dikembangkan. Menjadi penting bahwa pada tahap ini product manager mampu menangkap hal yang menjadi kebutuhan user, yang kemudian dapat menjadi ide produk. Product manager juga dapat melakukan riset kepada user untuk semakin memperdalam pemahaman akan kebutuhan mereka.

Setelah menemukan peluang tadi, maka perencanaan produk (product planning) bisa mulai dijalankan. Dan ketika tujuan serta rencana ini telah secara jelas terpetakan, proses dapat berlanjut pada product development.

Baca Juga: Simak Perbedaan Product Manager dan Product Owner

Baca Juga: 4 Cara Efektif Membuat Career Planning

Kemampuan atau Skill yang Diperlukan

Research Skill

Research Skill pada Product Manager — Pexels
Sumber: Pexels

Proses user atau market research merupakan salah satu bagian krusial dari product management. Dengan kemampuan riset yang mumpuni, peluang yang ada di tengah pasar dapat terindentifikasi dengan tepat. Hal ini dalam perjalanannya bisa menjadi dasar yang sangat baik untuk pengembangan produk.

Marketing Skill

Marketing Skill pada Product Manager — Pexels
Sumber: Pexels

Skill kedua dari beragam skill lainnya yang akan diperlukan adalah skill pemasaran. Sebab tidak hanya berhasil menemukan ide produk, product manager perlu merencanakan cara agar produk berhasil terpasarkan dengan baik. Skill ini pun turut melibatkan bagaimana perkiraan strategi dari pemasaran produk nantinya.

Baca Juga: Profesi Product Manager, Apa Peran dan Tanggung Jawabnya?

Baca Juga: Ingin Menjadi Product Manager? Berikut Ulasannya!

Jika kamu tertarik mendalami profesi product manager, terdapat kelas bootcamp UI/UX Designer & Product Manager yang bisa kamu ikuti di Harisenin.com! Dalam waktu 3–4 bulan, kamu akan belajar untuk menjadi product manager yang ahli. Untuk selengkapnya, ayo kunjungi di sini.

--

--

Harisenin.com

#1 Work-based Learning Platform. 🎓 Harisenin Millennials School 💁‍♀️ Harisenin Mini School 👩‍💻 Live Class #SadarHarusBelajar lynk.id/harisenin.com