Mengulik 4 Kantor Akuntan Publik Terbesar di Indonesia

Harisenin.com
4 min readFeb 16, 2022

Bagi kamu anak ekonomi, mungkin bekerja di kantor akuntan publik menjadi salah jenjang karir yang cukup prestisius. Apalagi kantor akuntan publik terbesar di Indonesia, yang tidak hanya menawarkan gaji tinggi namun sudah memiliki reputasi yang kredibel dan akuntabel di skala nasional maupun internasional. Di Indonesia, istilah ini dikenal sebagai Big 4 KAP yang menjadi akronim untuk empat kantor akuntan publik terbesar di Indonesia, bahkan dunia.

Kantor Akuntan Publik (KAP) Itu Apa Sih?

Profesi akuntan publik sudah dari sejak dulu digandrungi oleh para lulusan ekonomi terutama akuntansi dan manajemen. Tugas seorang akuntan publik yaitu melakukan penawaran jasa kepada client berkaitan dengan akuntansi yang telah diatur oleh Kementerian Keuangan.

Seorang akuntan publik bekerja di bawah naungan institusi profesional yang bernama kantor akuntan publik. Kantor akuntan publik berdiri sebagai badan atau institusi tempat bagi seorang akuntan publik menjalankan tugasnya. Mengutip situs onlinepajak, kantor akuntan publik memiliki dua jenis jasa yang ditawarkan kepada client.

Pertama, jasa atestasi. Yaitu, sebuah jasa yang memastikan publikasi perihal laporan tekstual sebagai bahan pertimbangan dari client atas sebuah problematika. Umumnya, proses audit pada laporan keuangan dan pemeriksaan laporan keuangan menjadi salah dua kegiatan yang merepresentasikan jasa atestasi.

Baca Juga: 20 Istilah yang perlu kamu ketahui di dunia Tax Accounting

Kedua, jasa non-atestasi. Jika jasa atestasi saran akan sebuah layanan yang melahirkan saran untuk client akan suatu persoalan keuangan. Maka, jasa non-atestasi adalah jaa yang sifatnya lebih teknis untuk persoalan akuntansi, manajemen, dan perpajakan.

Sehingga memang mendiskreditkan layanan berupa pendapat dan opini verbal yang sifatnya pribadi bagi client. Di mana jasa non-atestasi ini bentuk konkretnya yaitu proses melengkapi surat laporan pajak dan perencanaan pajak. Kesimpulannya, jika kamu sebagai client yang ingin menggunakan jasa dari kantor akuntan publik, ada dua bentuk jasa yang dapat kamu pilih.

4 Kantor Akuntan Publik (KAP) Terbesar di Indonesia

Ada istilah yang cukup terkenal untuk menyebut empat kantor akuntan publik ini, yaitu big four KAP. Korporasi besar ini menjelma sebagai raksasa karena terjadi kerja sama berupa merger dari beberapa firma-firma yang ada di beberapa negara. Akumulasi pendapatan dari 4 kantor akuntan publik ini juga luar biasa besar, ditambah eskalasi dan akselerasi revenue. Oleh karenanya, Harisenin.com akan menjabarkan big four KAP di Indonesia.

Deloitte

Untuk yang pertama adalah Deloitte, yaitu salah satu perusahaan akuntan publik terbesar di Indonesia dan bahkan dunia. Perusahaan yang telah berumur lebih dari satu abad ini memiliki pendapatan dan jumlah karyawan terbesar di dunia. Saat ini, Deloitte telah tersebar di lebih dari 140 negara dengan jumlah karyawan hingga 300.000.

Bahkan, di tahun 2021 ini Deloitte telah meraup keuntungan hingga 50,2 miliar USD melebihi ketiga kantor akuntan publik lainnya. Informasi yang telah dikumpulkan oleh Harisenin.com, gaji untuk karyawan yang bekerja di Deloitte sekitar di angka 8,2 juta hingga 50 juta.

PwC

PricewaterhouseCoopers atau PwC sebagai penyedia jasa dan layanan konsultasi akuntan terbesar di dunia didirikan tahun 1998. Lahirnya perusahaan ini karena merger antara firma Coopers & Lybrand dan Price Waterhouse sehingga terbentuklah PwC. Perusahaan ini telah melanglang buana di 160 negara dengan total akumulasi karyawan menyentuh angka 250.000.

Di sekitar 160 negara tempat beroperasinya PwC, terdapat lebih dari 700 lokasi yang menghasilkan profit 45,1 miliar USD di tahun 2021. Bagi kamu yang ingin bekerja di PwC, gaji yang ditawarkan perusahaan mulai dari 4 juta hingga 70 juta sesuai dengan posisi pekerjaan.

Baca Juga: Mengintip Gaya Kerja Hustle Culture dan Dampaknya bagi Tubuh

KPMG

Klynveld Peat Marwick Goerdeler atau biasa disingkat KPMG menjadi salah satu dari big four KAP di Indonesia dan dunia. Senada seperti yang dilakukan oleh dua perusahaan akuntan publik di atas. Di mana KPMG merupakan peleburan antara perusahaan Klynveld Main Goerdeler (KMG) dengan Peat Marwick pada tahun 1987.

Berbeda dari Deloitte dan PwC yang berkantor pusat di London, KPMG berpusat di kota Amstelveen, Belanda. Perusahaan swasta multinasional ini telah berekspansi ke lebih dari 145 negara dan memiliki 200.000 karyawan. Ada tiga layanan utama dari KPMG, yaitu layanan konsultasi pajak, layanan penasehatan, dan proses audit keuangan. Menilik dari situs Job-Like, diketahui jika gaji di KPMG berkisar di angka 4 juta hingga 10 juta.

EY

Ernst & Young (EY) telah memulai serangkaian proses penyedia layanan konsultasi asuransi dan pajak sejak tahun 1989. Di mana EY merupakan merger dari perusahaan Ernst & Whinney dan Arthur & Co yang berkantor di kota London, Inggris. Perusahaan ini telah melebarkan keran bisnisnya ke lebih dari 150 negara dan memiliki 190.000 karyawan.

Perlu diketahui jika perusahaan ini memiliki reputasi tinggi dalam melayani client dari perusahaan-perusahaan berlabel Fortune Global 500 dan Forbes Global. Gaji yang ditawarkan dari EY juga relatif tinggi, mulai dari 3 juta hingga 80 juta.

Baca Juga: Paham Langsung Pengertian Cost Accounting

--

--

Harisenin.com

#1 Work-based Learning Platform. 🎓 Harisenin Millennials School 💁‍♀️ Harisenin Mini School 👩‍💻 Live Class #SadarHarusBelajar lynk.id/harisenin.com