Mengintip Gaji UI/UX Designer di Indonesia

Harisenin.com
2 min readMar 16, 2022

Banyak perusahaan dan startup yang terintegrasi pada sektor digital membutuhkan peranan UI/UX Designer. Jika kamu tertarik untuk bekerja sebagai UI/UX Designer, maka perlu tahu apa tugas dan berapa gaji UI/UX Designer di Indonesia.

Apa Itu UI/UX Designer?

User Interface (UI) dan User Experience (UX) adalah dua komponen yang begitu penting di dalam dalam bisnis terutama dari segi kenyamanan konsumen. Sederhananya, UI lebih fokus pada konteks desain tampilan tatap muka dalam aplikasi dan UX lebih merujuk pada pengalaman konsumen selama menggunakan produk.

Dalam implementasinya, UI dan UX tidak dapat dipisahkan menjadi entitas yang berdiri sendiri. UI/UX Designer memiliki tugas untuk melakukan desain terhadap tampilan tatap muka yang disandarkan terhadap kenyamanan konsumen dalam menggunakan aplikasi.

Seorang UI/UX Designer juga harus berkoordinasi dengan UX Researcher yang akan meneliti atau riset mendalam terhadap pengalaman dan kenyamanan konsumen dalam menggunakan aplikasi.

Begitu sentralnya UI/UX Designer dalam sebuah bisnis terkait pada dimensi desain aplikasi. Dimana UI/UX Designer melakukan desain terhadap tampilan yang berisi tulisan, grafis, bentuk, hingga warna pada aplikasi.

Tampilan tatap muka dan desain yang menarik dari aplikasi akan berkesinambungan terhadap kenyamanan konsumen mengakses aplikasi sebagai medium bisnis. Sehingga dalam konteks produksi, hal ini berdampak pada peningkatan pemasukan atau income di sektor bisnis.

Berapa Sih Gaji UI/UX Designer di Indonesia?

Era disrupsi yang terjadi sebagai konsekuensi daripada modernisasi melahirkan berbagai profesi pekerjaan, salah satunya adalah UI/UX Designer. Apalagi teknologi dan informasi yang berkembang serba masif meningkatkan ketertarikan seseorang untuk bekerja sebagai UI/UX Designer.

Mengutip dari Kompas, saat ini posisi pekerjaan UI/UX Designer yang ditawarkan oleh perusahaan berkisar di angka 6.800. Yang secara faktual, banyak digandrungi oleh anak-anak muda yang masuk dalam lingkaran generasi millenial dan zillenial.

Dimana gaji seorang UI/UX Designer di Indonesia sangat dipengaruhi dari lokasi geografis. Misalnya, di kota Surabaya, Yogyakarta, dan Jakarta yang rata-rata gaji UI/UX Designer di angkat Rp 4 juta hingga Rp 5 juta.

Sedangkan rata-rata kota dengan gaji tertinggi di Indonesia ada di kota Bandung dan Batam dengan kisaran Rp 7 juta. Angka ini tidaklah mutlak, karena di beberapa perusahaan memberikan gaji yang lebih tinggi.

Misalnya, menyadur dari IDX, gaji seorang UI/UX Designer dipengaruhi oleh pengalaman kerja, kompetensi, dan level karir. Di beberapa perusahaan, UI/UX Designer digaji mulai dari Rp 8.8 juta hingga di angka Rp 16 juta.

--

--

Harisenin.com

#1 Work-based Learning Platform. 🎓 Harisenin Millennials School 💁‍♀️ Harisenin Mini School 👩‍💻 Live Class #SadarHarusBelajar lynk.id/harisenin.com