Mengenal UI dan UX sebagai Jenjang Karir Potensial

Harisenin.com
3 min readMay 20, 2022

Hai Risers, UI dan UX adalah dua jenis istilah yang saat ini umum ditemukan pada dunia kerja. Beberapa perusahaan banyak yang menawarkan posisi UI dan UX kepada para calon pelamar. Semakin meningkatnya penggunaan berbagai teknologi digital, semakin mempercepat kenaikan kebutuhan posisi ini.

Lalu, apa itu UI dan UX? Kenali keduanya sebagai jenjang karir yang potensial!

Baca juga: Mengintip Gaji UI/UX Designer di Indonesia

Definisi UI dan UX

Source: Unsplash

UI adalah posisi keahlian yang bertugas untuk menampilkan hasil rancangan yang dapat dilihat oleh pengguna atau user. Hasil rancangan tersebut berupa website, software, dan hardware sebagai sarana untuk berinteraksi. UI adalah singkatan dari User Interface.

Sedangkan, UX adalah profesi yang melakukan desain dan pengaturan dibalik layar agar seluruh sistem dan fitur yang sudah dirancang dapat bekerja dengan baik. UX mayoritas bekerja dibalik layar yang tidak terlihat oleh pengguna, namun tetap melakukan interaksi dengan pihak yang terkait. UX sering disebut sebagai User Experience.

Mengapa UI dan UX Penting?

Source: Unsplash

Posisi UI dan UX dalam bidang pekerjaan memiliki peran yang penting dalam perkembangan digital suatu perusahaan. UI dan UX memberikan pengaruh yang tinggi dalam keberhasilan penggunaan produk digital. Beberapa jenis produk digital tersebut adalah aplikasi dan website.

Dengan adanya UI dan UX, kita dapat meningkatkan keberhasilan dalam produk digital dan telah memberikan kontribusi dalam perkembangan di dunia digital saat ini.

Kemampuan yang Dibutuhkan Profesi UI dan UX

Source: Unsplash

Dalam memulai karir sebagai seorang UI dan UX designer, terdapat beberapa kemampuan yang harus dikuasai oleh keduanya agar dapat bekerja dengan maksimal. Untuk profesi UI designer, membutuhkan keahlian dalam desain grafis, branding, berpikir kreatif, dan inovatif. Lalu, untuk profesi UX designer, membutuhkan keahlian seperti riset, kemampuan menyelesaikan masalah atau problem solving, berpikir analisis, dan berpikir kritis.

Prospek Karir UI dan UX

Source: Unsplash

Setelah kita mengetahui apa itu UI dan UX, kita juga perlu mengetahui prospek karir keduanya. Hal ini akan sangat membantu kita dalam menambah motivasi dan menambah peluang karir.

Seiring dengan meningkatnya penggunaan berbagai produk digital saat ini, maka posisi keduanya pasti akan terus dibutuhkan dalam beberapa waktu ke depan. Berbagai perusahaan telah membuka lowongan untuk bagian UI dan UX di dalam proses perkembangan perusahaan. Baik perusahaan startup maupun perusahaan multinasional.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Product Manager

--

--

Harisenin.com

#1 Work-based Learning Platform. 🎓 Harisenin Millennials School 💁‍♀️ Harisenin Mini School 👩‍💻 Live Class #SadarHarusBelajar lynk.id/harisenin.com