Mengenal Apa Itu Product Manager

Harisenin.com
3 min readMay 17, 2022

Hai Risers, Product Manager adalah profesi yang selalu berkaitan dengan produk yang dipasarkan kepada konsumen dan banyak dibutuhkan oleh perusahaan. Karena, setiap perusahaan tentunya ingin bersaing dan mengembangkan produk hingga disukai oleh konsumen. Product Manager melakukan berbagai cara dalam mengembang produknya seperti menemukan ide, merancang bisnis, hingga mengetahui kebutuhan konsumen.

Yuk, kenali lebih lanjut mengenai profesi Product Manager dan skill apa saja yang harus dikuasai!

Baca juga: Yuk Cari Tahu Gaji Business Development di Tahun 2022

Apa Itu Product Manager?

Source: Unsplash

Product Manager adalah profesi yang bertugas mengembangkan suatu produk dan memimpin tim dalam pengembangan produk agar produk tersebut berhasil disukai oleh konsumen. Profesi ini semakin dibutuhkan oleh banyak perusahaan seiring dengan semakin berkembangnya teknologi digital. Hal pertama yang biasa dilakukan oleh seorang Product Manager mampu menciptakan ide baru yang kreatif dalam merencanakan suatu produk. Selain itu, seorang Product Manager harus mengawasi jalannya pengembangan dari ide tersebut hingga produk tersebut dapat tersampaikan dan dinikmati oleh konsumen.

Tugas yang wajib dilakukan sebagai seorang Product Manager yaitu dapat mengetahui kebutuhan konsumen melalui riset pasar, mampu mengembangkan ide suatu produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar, bekerjasama dengan tim sales, marketing, teknologi, dan produk selama mengembangkan produk dan mampu menganalisis penjualan dan harga produk dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Maka, seorang Product Manager juga harus mampu merancang strategi dan visi produk secara garis besar.

Skill seorang Product Manager?

1. Kemampuan Berkomunikasi yang Baik

Source: Pixabay

Product Manager adalah profesi yang membutuhkan kerjasama dengan berbagai pihak, sehingga seorang Product Manager harus mempunya kemampuan komunikasi yang efektif agar dapat bekerja dengan baik dan mampu beradaptasi dengan berbagai pihak yang memiliki latar belakang yang berbeda.

2. Kemampuan Analisis

Source: Pixabay

Seorang Product Manager mampu melakukan analisis perkembangan pasar dan memperhatikan kebutuhan konsumen dengan tepat. Hal ini dibutuhkan untuk memperkuat keberhasilan suatu produk dan dapat merancang strategi produk yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan pasar.

3. Merancang Strategi

Source: Unsplash

Product Manager adalah profesi yang selalu berkaitan dengan perancangan dan strategi. Sehingga, profesi ini membutuhkan kemampuan dalam merancang strategi yang baik dan akurat agar dapat menekan biaya dan mengurangi kemungkinan resiko selama proses produksi berlangsung, namun dalam merancang strategi, seorang Product Manager harus berhati-hati dan memperhatikan segala aspek dan proses produksi.

4. Pengalaman Konsumen

Source: Pixabay

Profesi ini juga mampu mendekatkan diri dengan target konsumen produk yang dirancangnya. Hal ini dibutuhkan agar seorang Product Manager mengetahui berbagai feedback berupa kritik dan saran konsumen selama penggunaan produk. Sehingga, konsumen tetap setia dengan produk yang digunakannya.

5. Pengetahuan Ekonomi dan Teknologi

Source: Pixabay

Seorang Product Manager mampu menguasai dunia bisnis, ekonomi dan teknologi dari mulai mendasar. Hal ini diperlukan karena, Product Manager selalu menemui berbagai istilah dan kebutuhan pekerjaan yang berkaitan dengan bisnis, ekonomi, dan teknologi seperti permintaan produk, anggaran, dan programming.

Baca juga: 4 Metode yang Perlu Diperhatikan dalam Manajemen Mutu Produk

--

--

Harisenin.com

#1 Work-based Learning Platform. 🎓 Harisenin Millennials School 💁‍♀️ Harisenin Mini School 👩‍💻 Live Class #SadarHarusBelajar lynk.id/harisenin.com