Mau Membaca Cepat dan Efisien? Skim Reading Adalah Jawabannya!

Harisenin.com
3 min readMar 7, 2022
Mau Membaca Cepat dan Efisien? Skim Reading Adalah Jawabannya!

Hi Risers! Kamu pernah ngga sih diharuskan membaca dan memahami sangat banyak informasi dalam waktu yang sangat singkat? Pernah ngga bertanya-tanya apakah ada cara yang cepat dan efisien untuk menentukan point-point pentingnya aja? Kalau iya, maka skim reading adalah jawaban yang tepat Risers! Yuk simak penjelasan lengkap tentang skim reading.

Pengertian Skim Reading

Skim reading adalah sebuah metode membaca selektif dimana tujuan utamanya untuk menemukan sebuah main idea atau gagasan utama dalam sebuah teks. Caranya adalah dengan menggerakan mata secara cepat untuk beralih dari satu kalimat ke kalimat lain untuk menemukan kata kuncinya. Dari sini, kita bisa menentukan tulisan mana yang harus dibaca lebih detail dan tulisan mana yang perlu dibaca sekilas saja.

Tentunya dengan memiliki kemampuan skimming akan sangat berguna untuk meninjau sebuah konten yang isinya sangat banyak. Jadi alih-alih membaca pelan secara keseluruhan, kamu akan lebih mengabaikan detail, cerita, atau elaborasi lainnya.

Teknik membaca ini juga lebih menekankan pada mengekstraksi esensi dari pesan utama yang disampaikan penulis.

Baca Juga: Apa itu Vocabulary? Simak Pengertian dan Cara Meningkatkannya!

Cara membaca skim reading adalah:

skim reading adalah
Picture by: www.pixabay.com
  • Memperhatikan judul dan sub judul

Melansir dari duniadosen.com, judul merupakan kepala karangan yang mempresentasikan isi sebuah tulisan. Dengan kata lain, judul merupakan ringkasan dari sebuah bacaan. Lebih lanjut, dengan memperhatikan sub judulnya, kita bisa mengetahui materi yang ada pada bacaan atau konten tersebut.

  • Membaca introductory paragraph atau paragraf pembuka

Biasanya penulis akan memberi tahu pembacanya mengenai topik apa yang akan penulis bahas di paragraf pembuka. Jadi, kita bisa mengetahui kata kuncinya dan fokus pada hal tersebut untuk memahami paragraf-paragraf selanjutnya.

  • Membaca topic sentence

Setiap body paragraf yang baik biasanya memiliki topic sentence atau ide utama di awal paragrafnya. Jika memang ada ide utamanya di awal paragraf, maka kalimat selanjutnya biasanya merupakan sebuah elaborasi dari kalimat pertama. Untuk itu, kamu bisa membaca paragraf awalnya saja dan membaca sekilas mengenai penjelasannya.

  • Mencermati kata yang di Bold, grafik, dan gambar

Dengan memberikan efek Bold pada sebuah kata atau frasa, tandanya penulis ingin menekankan bahwa hal tersebut penting dan harus kita pahami dengan baik. Lebih lanjut, dengan adanya grafik atau gambar biasanya akan menyajikan data agar kita sebagai pembaca dapat lebih mudah memahami suatu topik.

  • Baca paragraf kesimpulan

Paragraf akhir biasanya merupakan pernyataan ulang dari paragraf awal dan ringkasan dari body paragraf. Jika paragraf ini ada, maka akan sangat disarankan untuk menyimaknya dengan baik. Dengan ini, kamu bisa mengidentifikasi informasi dengan cepat.

Kenapa skim reading itu penting?

skim reading adalah
Picture by: www.unsplash.com
  • Menghemat waktu

Di saat kita membaca sebuah jurnal atau karya tulis ilmiah, pasti akan terasa sangat melelahkan sekali bukan jika kita harus membaca keseluruhan isinya? Nah, dengan menggunakan teknik skimming ini maka kita tidak perlu membuang banyak waktu untuk hal yang tidak penting.

  • Lebih cepat dalam mencari informasi khusus

Selain menghemat waktu, teknik ini juga memungkinkan kita untuk membaca suatu informasi yang penting saja dalam sebuah buku atau konten. Caranya dengan mengeliminasi hal-hal yang dianggap kurang penting dan membaca keseluruhan hal yang dianggap penting oleh penulis. Dengan begitu kita bisa menyerap informasi secara cepat dan efisien.

  • Me-Refresh Memory

Jika kamu perlu melakukan preview atau pratinjau terhadap teks yang sudah kamu baca sebelumnya, maka skimming akan sangat membantu. Skim reading merupakan cara yang efektif dan efisien untuk menyegarkan ingatan tentang garis besar materi dari sebuah bacaan. Membacanya dengan sekilas tentu akan membantumu mengingat konten, struktur, dan poin-poin pentingnya.

Kesimpulan

Nah, itu dia penjelasan mengenai skimming Risers! Intinya, skim reading adalah metode membaca cepat untuk mendapatkan gagasan utama pada sebuah bacaan.

Pastinya, teknik ini dijamin akan sangat berguna entah itu untuk mendapatkan informasi, mengerjakan tugas ujian, ataupun hal lain yang membutuhkan kecepatan membaca.

Selain itu, teknik ini juga akan meningkatkan produktivitas kalian karena dengan menghemat waktu kalian bisa mengoptimalkan kegiatan lain yang sama pentingnya.

Baca Juga: Apa itu Self Development? Definisi, Tahapan, dan Tips Meningkatkannya!

Penulis: Muhammad Perwira Hutama Adhy Makayasa

--

--

Harisenin.com

#1 Work-based Learning Platform. πŸŽ“ Harisenin Millennials School πŸ’β€β™€οΈ Harisenin Mini School πŸ‘©β€πŸ’» Live Class #SadarHarusBelajar lynk.id/harisenin.com