Ketahui Tentang Google Analytics: Pengertian, Manfaat, Serta Fitur

Harisenin.com
5 min readApr 22, 2022

Dalam dunia digital, kata ‘Google Analytics’ sudah tidak asing lagi. Terlebih lagi jika berhubungan dengan traffic. Ya, Google Analytics adalah fasilitas atau layanan yang diciptakan oleh Google dan berhasil menjadi salah satu tools yang paling dibutuhkan untuk menunjang perkembangan bisnis.

Bahkan Google Analytics disebut sebagai digital tools yang wajib diketahui bahkan digunakan, lho! Walah, kira-kira sekeren apa ya sampai disebut layanan yang paling dibutuhkan oleh banyak pelaku bisnis? Kita kenalan lebih dalam mengenai Google Analytics yuk!

Pengertian Google Analytics

Sumber: Hustle Hackers

Jika Risers punya teman, keluarga, atau bahkan pacar yang bergelut dalam dunia digital, mungkin sudah tidak aneh lagi saat mendengar kata ‘daily report’, betul? Aktivitas tersebut sudah menjadi rutinitas sehari-hari dan jika kamu bekerja di dunia digital terlebih lagi yang bergelut dengan website, kamu pasti akan mengenal Google Analytics segera.

Ditulis oleh harisenin.com, Google Analytics adalah layanan gratis yang diciptakan oleh Google yang menyediakan informasi kepada webmaster mengenai aktivitas yang terjadi di dalam suatu website.

Informasi yang diberikan oleh Google Analytics pun beragam, di mulai dari berapa orang yang mengunjungi website, negara-negara mana saja yang masyarakatnya dominan membuka website tersebut, berapa lama mereka membuka laman, konten apa saja yang paling banyak di buka, dan lainnya.

Baca Juga: 8 Tips dan Trik Gunakan Google Ads secara Efektif

Manfaat Google Analytics

Sumber: Unsplash

Nah, Risers. Sekarang sudah mulai terbuka ya pemahaman mengenai Google Analytics? Layanan yang satu ini memang bisa memberikan segudang informasi yang pastinya sangat bermanfaat bagi perkembangan banyak aspek, terlebih lagi dalam dunia bisnis.

Kira-kira dengan banyaknya informasi tersebut, apa saja ya manfaat yang bisa kita peroleh? Berikut adalah manfaatnya.

Mengenal Perilaku Pengunjung

Sumber: Unsplash

Risers, mau tanya dong. Kira-kira apa sih tujuan kamu mengelola website? Pastinya publik menjadi salah satu atensi kamu, bukan? Nah, dengan Google Analytic ini kamu bisa dengan gratis mengenal bagaimana perilaku pengunjung yang memasuki website kamu.

Perilaku pengunjung dapat kamu lihat dari berapa kali mereka mengunjungi website kamu, kamu juga bisa lihat apakah mereka termasuk ke dalam pengunjung lama atau baru. Lantas, apa yang membuat mereka tertarik untuk mengunjungi website.

Dengan mengenal perilaku pengunjung, kamu bisa lebih mengenal juga preferensi publik saat ini. Bahkan bisa juga mengetahui kecenderungan pengunjung saat membuka satu persatu konten yang kamu sajikan.

Keputusan untuk Mengembangkan Konten

Sumber: Unsplash

Keputusan ini juga berhubungan dengan consumer behaviour. Sebab, salah komponen yang menentukan perilaku ini juga adalah dengan melihat seberapa sering mereka membuka konten, dan seberapa lama mereka melihat konten tersebut. Semakin sering, tentunya konten tersebut dinilai menjual.

Hal tersebut juga dapat menjadi pertimbangan Risers untuk kembali mengembangkan konten dengan tema yang sama. Selain itu juga, kamu bisa memberikan keputusan konten seperti apa yang sebaiknya dihapus atau diperbaiki berdasarkan dengan report tersebut.

Mengenal Aplikasi yang Paling Efektif

Sumber: Unsplash

Salah satu kecanggihan Google Analytic adalah mereka mengetahui dari mana para pengunjung menemukan website kamu. Bisa jadi mereka menemukan kamu secara langsung, bisa juga dengan perantara aplikasi lain seperti adanya backlink, SEM, media sosial, dan lainnya.

Pastinya dengan begitu, Risers bisa lebih memahami tentang berapa banyak orang tertarik dengan metode yang kamu gunakan untuk membuat website mu lebih dilihat banyak orang. Terlebih lagi bisa hemat budget, lho! Karena kamu bisa memilih media yang paling efektif dalam menunjang website kamu.

Menetapkan Target Audience

Sumber: Unsplash

Dengan menggunakan Google Analytics, Risers juga dapat melihat identitas dari pengunjung website-mu. Identitas yang bisa dilihat seperti dari mana pengunjung berasal, jenis kelamin, dan lainnya.

Dengan data tersebut, kamu dapat mengukur apakah target audience dari produk sudah sesuai atau belum. Selain itu, kamu juga bisa mengubah target audience sesuai dengan data yang didapatkan.

Penggunaan Google Analytics

Sumber: Unsplash

Jika Risers baru mau menggunakan Google Analytics dan masih bingung cara pengoperasiannya, jangan takut. Karena harisenin.com akan memberikan sedikit informasi mengenai fitur-fitur yang dimiliki olehnya.

Realtime

Saat Risers membuka Google Analytics, pasti akan menemukan fitur bernama Realtime. Sesuai dengan namanya, fitur ini akan membantu kamu untuk memberikan laporan sesuai dengan waktu yang sebenarnya.

Laporan yang diperlihatkan meliputi jumlah pengunjung dalam waktu 30 menit, device yang mereka gunakan saat membuka website, jumlah pengunjung lama dan baru, pageview, dan masih banyak lagi.

Acquisition

Di bawah Realtime, Risers akan menemukan fitur Acquisition yang digunakan untuk mengetahui dari mana pengunjung mengenal website kamu. Tentunya ‘cara’ bagaimana pengunjung dapat melihat website itu bergantung pada seberapa banyak cara kamu juga, Risers.

Contohnya dengan menggunakan organic content, atau menggunakan media sosial sebagai media, iklan atau ads, email, dan lainnya.

Engagement

Tidak hanya di media sosial, engagement juga berlaku untuk website, Risers. Sesuai dengan namanya, Google Analytics akan memberikan laporan mengenai interaksi para pengunjung di situsmu.

Di sana, kamu dapat melihat berapa pengunjung yang berhasil men-scroll website-mu sampai bawah, ada juga berapa banyak halaman yang mereka buka saat melihat website, dan lainnya.

Retention

Fitur yang berada di baris akhir adalah fitur Retention yang menurut exabytes merupakan gambaran mengenai pengunjung yang setia menggunakan produk.

Untuk mengambarkan apakah startegi promosi berhasil atau tidak, itu di lihat dari persentase. Jika persentase naik, maka kamu bisa disebut berhasil, dan juga sebaliknya.

Bagaimana Risers, sudah mulai akrab dengan tools serba bisa satu ini? Jika dilihat dari fungsinya pun, tidak heran ya bila Google Analytics adalah aplikasi yang luar biasa. Akan lebih baik jika kamu mulai berinteraksi langsung dengan Google Analytics dan mencobanya sendiri.

--

--

Harisenin.com

#1 Work-based Learning Platform. 🎓 Harisenin Millennials School 💁‍♀️ Harisenin Mini School 👩‍💻 Live Class #SadarHarusBelajar lynk.id/harisenin.com