Ikuti 4 Rekomendasi Kelas Digital Marketing Gratis!

Harisenin.com
3 min readJun 30, 2022

Hai Risers, kelas digital marketing gratis saat ini banyak dibutuhkan dan menjadi jalan pintas bagi sebagian orang untuk mempelajari bidang marketing. Semakin tingginya kebutuhan untuk posisi pekerjaan pemasaran dan semakin tingginya peminat digital marketing juga berperan besar dalam perkembangan kelas digital marketing gratis

Nah, kalian berminat untuk belajar digital marketing gratis? Yuk, ikuti rekomendasi kelas disini!

Baca juga: 7 Jenis Digital Marketing yang Wajib Kamu Ketahui!

1. Google Digital Garage

Source: Unsplash

Kelas digital marketing yang pertama ini sudah umum dikenal oleh banyak pengguna. Google Digital Garage menyediakan berbagai modul pelatihan seperti sosial media, analisis Google, dan berbagai topik lainnya yang bisa diakses secara gratis. Kursus ini juga sudah mendapatkan pengakuan dari Interactive Advertising Bureau Europe dan The Open University. Setelah kita menyelesaikan semua modul pembelajaran, kita akan mendapatkan sertifikat resmi yang membuktikan kemampuan kita di bidang digital marketing.

2. Facebook Blueprint

Source: Unsplash

Facebook Blueprint menjadi salah satu kelas rekomendasi untuk belajar digital marketing. Di dalam kelas tersebut, kita akan mempelajari berbagai aspek dalam pemasaran digital khususnya pemasaran di aplikasi Facebook. Keunggulan dari kelas ini adalah materi yang terpisah-pisah mengikuti topik, sehingga kita dapat memilih dan menyesuaikan kelas mana yang harus kita pelajari.

3. Digitademy

Source: Unsplash

Kelas yang satu ini merupakan kelas yang sangat populer di Indonesia. Hal ini karena, seluruh materi yang disampaikan oleh Digitademy menggunakan bahasa Indonesia yang mudah dipahami. Kita dapat mempelajari beberapa materi yang bisa diakses secara gratis seperti dasar digital marketing. Keunggulan dari kelas ini adalah terdapat tes yang harus dikerjakan setelah mengikuti pembelajaran untuk menguji pemahaman kita. Walaupun begitu, mayoritas kelas yang ada di Digitademy bersifat berbayar.

4. SEMRush Academy

Source: Unsplash

SEMRush Academy sangat cocok untuk kamu yang ingin mempelajari bidang SEO. Disini kita akan mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan SEO dan mesin pencarian mulai dari seluk beluk hingga teknik penulisan SEO. Setelah kita selesai mengikuti kelas, kita akan mendapatkan sertifikat resmi secara gratis lho! Namun, sertifikat tersebut memiliki kadaluarsa, sehingga kita perlu melakukan pembelajaran ulang untuk mendapatkan sertifikat yang baru.

Baca juga: Ini dia! Tips Menjadi Seorang Digital Marketing yang Berhasil

--

--

Harisenin.com

#1 Work-based Learning Platform. 🎓 Harisenin Millennials School 💁‍♀️ Harisenin Mini School 👩‍💻 Live Class #SadarHarusBelajar lynk.id/harisenin.com