Digital Marketing, Apa Urgensi dan Tujuannya?

Harisenin.com
3 min readJul 1, 2022
Digital Marketing, Apa Urgensi dan Tujuannya?

Digital marketing saat ini semakin banyak diminati. Hal ini juga kian dilirik sejak kemunculan pandemi yang mengakibatkan banyaknya bisnis terdigitalisasi. Namun, apa sebenarnya tujuan digital marketing?

Secara umum, tujuan dari digital marketing sudah pasti adalah untuk memasarkan sesuatu yang menjadi produk bisnis. Hal ini bisa berupa layanan ataupun barang.

Meski begitu, digital marketing memang lebih berfokus pada upaya-upaya yang dilakukan secara digital. Terlebih lagi dengan internet yang saat ini tergolong cukup accessible. Alat komunikasi elektronik pun sudah dipandang sebagai salah satu kebutuhan. Jika melihat lingkungan sekeliling, kita dapat menemukan seseorang setidaknya memiliki satu ponsel/smartphone.

Kondisi-kondisi inilah yang membuat peluang memasarkan produk secara digital adanya menjadi semakin besar!

Adapun tujuan bisnis-bisnis mengupayakan digital marketing antara lain sebagai berikut.

Awareness

Tujuan Digital Marketing untuk Awareness — Pixabay
Sumber: Pixabay

Langkah awal untuk seseorang mempercayai bisnis dan produk adalah dengan mengenalnya. Dan ya, digital marketing di sini dapat menjembatani tujuan ini agar tercapai.

Kamu dapat menyajikan konten terkait identitas bisnis yang kamu miliki dan apa yang ditawarkan. Konten pun bisa secara strategis ditempatkan di digital marketing channel yang kamu pilih.

Maka ketika awareness ini telah tercapai, pasar cenderung telah memiliki pemahaman akan apa bisnis dan brand yang kamu miliki. Semakin besar awareness pasar terhadap brand, maka akan semakin baik.

Baca Juga: Digital Marketing Channel, Arti Beserta Contohnya

Engagement

Tujuan Digital Marketing untuk Engagement — Pixabay
Sumber: Pixabay

Tidak hanya untuk dikenal, kita menginginkan agar orang-orang menetap atau stay demi mengenal brand dengan lebih jauh.

Hal ini bisa menjadi cukup mudah jika gambaran audiens yang kamu miliki sudah tepat sasaran. Ketika hal ini telah teridentifikasi dengan baik, maka kamu cenderung bisa memahami bagaimana perilaku dan interest mereka. Sehingga kemudian, kamu dapat membuat dan menyediakan konten-konten yang menarik serta bermanfaat dari perspektif audiensmu ini.

Dengan merasa diuntungkan oleh konten ini, audiens bisa memiliki rasa penasaran atau bahkan meninggalkan umpan balik yang mendukung. Misalnya dengan meninggalkan komentar, atau dengan kesediaan mengikuti survey.

Baca Juga: Yuk Intip! 5 Job Desc Digital Marketing

Interaction

Tujuan Digital Marketing dengan Interaction — Pixabay
Sumber: Pixabay

Selain awareness dan engagement, tujuan digital marketing lainnya adalah meningkatkan interaksi dengan orang-orang yang menjadi pasar bisnis.

Mengupayakan digital marketing membuat kita dapat terhubung dengan mereka, bahkan secara 24/7! Meskipun memberikan pelayanan selama 24 jam penuh ini memang tidak umum karena keterbatasan tertentu, hal ini kini bukannya tidak memungkinkan. Kedekatan ini membuat kita dapat berkomunikasi secara dua arah, dimana hal ini tentunya bersifat lebih personal.

Baca Juga: Intip 3 Tips Belajar Digital Marketing Gratis Khusus Pemula

Leads

Tujuan Digital Marketing untuk Mendapat Leads — Pixabay
Sumber: Pixabay

Tujuan digital marketing terakhir yang sebenarnya tergolong diincar juga adalah leads.

Adapun menurut Prospeku, leads adalah pelanggan potensial. Maka, dapat dikatakan bahwa leads ini adalah orang-orang yang menunjukkan ketertarikan pada brand dan produk yang kita tawarkan.

Leads sudah pasti menjadi hal yang diinginkan para marketer. Dan jika mereka dapat teryakinkan lebih jauh lagi, leads bisa jadi melakukan pembelian produk yang kita tawarkan.

Baca Juga: Tertarik dengan Digital Marketing? Cek Gajinya di Sini!

Memahami tujuan digital marketing rasanya membuat kita dapat sama-sama setuju bahwa jenis pemasaran ini krusial di era teknologi saat ini. Jika tertarik, kamu bisa mengikuti kelas bootcamp Digital Marketing di Harisenin.com untuk mempelajarinya.

Ketahui info detailnya di sini!

--

--

Harisenin.com

#1 Work-based Learning Platform. 🎓 Harisenin Millennials School 💁‍♀️ Harisenin Mini School 👩‍💻 Live Class #SadarHarusBelajar lynk.id/harisenin.com