7 Jenis Digital Marketing yang Wajib Kamu Ketahui!

Harisenin.com
4 min readJun 25, 2022

Hai Risers, pada umumnya menjadi seorang digital marketing membutuhkan kemampuan yang luas, digital marketing memiliki beberapa jenis dengan spesifikasi yang berbeda. Pembagian ini bertujuan agar pemasaran dapat terfokus dalam bidang masing-masing dan kegiatan pemasaran dapat menjadi lebih terukur.

Nah, apa saja jenis digital marketing yang perlu diketahui? simak disini!

Baca juga: Ini dia! Tips Menjadi Seorang Digital Marketing yang Berhasil

1. Content Marketing

Source: Unsplash

Jenis digital marketing yang pertama adalah content marketing. Jenis pemasaran ini mengandalkan konten kreatif sebagai sarana pemasaran konten di tengah konsumen, Jenis ini membutuhkan kemampuan yang baik dalam membaca tren audiens dan prosesnya dapat berlangsung dalam jangka waktu yang lama. Hal ini dikarenakan content marketing perlu melakukan pendekatan dan pengenalan bisnis kita kepada audiens.

2. Social Media Marketing

Source: Unsplash

Social Media Marketing adalah salah satu jenis digital marketing yang mengandalkan pemasaran melalui media sosial yang populer digunakan saat ini. Saat ini, social media marketing menjadi salah satu jenis pemasaran yang paling populer digunakan. Hal ini dipengaruhi oleh meningkatnya pengguna media sosial dan perkembangan dunia digital yang pesat. Sehingga memiliki peluang besar untuk diakses banyak orang.

3. Affiliate Marketing

Source: Unsplash

Jenis digital marketing yang satu ini memiliki perbedaan yang cukup terlihat. Affiliate Marketing mengandalkan pemasaran kepada pihak ketiga sebagai penerbit dan produsen berbagai jenis iklan. Jenis digital marketing ini relatif mudah untuk diterapkan karena perusahaan bisnis hanya perlu mengirimkan delegasi kepada affiliate atau pengiklan. Namun kekurangannya adalah membutuhkan biaya yang besar

4. SEO Marketing

Source: Unsplash

SEO Marketing adalah jenis digital marketing yang mengandalkan sistem SEO (Search Engine Optimization) sebagai sarana pemasaran. Fitur SEO sendiri adalah sistem yang akan membaca tulisan yang relevan dengan mesin pencarian melalui analisis mesin pencarian seperti Google. Semakin relevan tulisan maka semakin tinggi peluang tulisan marketing muncul di halaman awal pencarian. Ada beberapa metode dalam SEO Marketing, seperti on page SEO yang berfokus pada memasukkan kata kunci SEO dalam konten, off page SEO atau strategi yang berfokus pada strategi aktivitas diluar konten melalui outbound link, dan Technical SEO yang berfokus pada strategi pemrograman.

5. Search Engine Marketing (SEM)

Source: Unsplash

Jenis yang satu ini sering dianggap sama dengan SEO marketing, namun keduanya memiliki perbedaan yang sangat terlihat. SEM (Search Engine Marketing) adalah jenis pemasaran yang berfokus pada peningkatan visibilitas konten di halaman pencarian. Seringkali SEM menggunakan strategi berbayar seperti memasang iklan di Google, yang tentunya berbeda dengan SEO yang pada umumnya gratis.

6. Pay Per Click (PPC)

Source: Unsplash

PPC adalah jenis digital marketing yang sangat mengandalkan jumlah klik dari audiens. Dari jumlah klik tersebut akan menghasilkan uang untuk pemilik konten. Tentunya agar jumlah klik dapat meningkat, dibutuhkan kreativitas dan kesabaran yang tinggi. Seringkali Pay Per Click (PPC) menggunakan clickbait yang menipu untuk meningkatkan jumlah klik.

7. Email Marketing

Source: Unsplash

Jenis Digital Marketing yang terakhir ini menjadi salah satu pemasaran yang sering dilihat oleh kita. Email Marketing mengandalkan pemasaran melalui email yang dikirimkan kepada berbagai pengguna internet. Email Marketing dibutuhkan untuk menyadarkan keberadaan brand kepada konsumen, mencapai audiens yang luas, dan menjalin hubungan dengan audiens.

Baca juga: 4 Cara Mengembangkan Bisnis Digital Marketing Bagi Pemula

--

--

Harisenin.com

#1 Work-based Learning Platform. 🎓 Harisenin Millennials School 💁‍♀️ Harisenin Mini School 👩‍💻 Live Class #SadarHarusBelajar lynk.id/harisenin.com