6 Pekerjaan dengan Gaji Tinggi yang Dapat Kamu Kerjakan di Rumah

Harisenin.com
5 min readJan 20, 2022
Pekerjaan dengan gaji tinggi

Beberapa dekade lalu, mungkin tidak pernah terbayangkan jika suatu pekerjaan dapat dikerjakan di rumah. Sebab jenis pekerjaan yang ada pada saat itu juga terbatas dan sifatnya cukup konvensional. Era yang semakin berkembang merubah konsep pekerjaan yang dulunya terbatas menjadi variatif. Bahkan secara teknis, ada beberapa pekerjaan yang dapat dikerjakan di rumah dengan nominal gaji yang kompetitif.

Mencari pekerjaan merupakan kewajiban bagi seseorang yang sudah memasuki usia dewasa. Pekerjaan menjadi medium bagi seseorang untuk mendapatkan gaji berupa uang (finansial). Uang hasil kerja tersebut menjadi fondasi seseorang untuk memenuhi kebutuhan hidup secara pribadi hingga keluarga.

Di masa pandemi Covid-19, terjadi akselerasi digital yang begitu deras volumenya. Tentu saja fenomena organik ini mempengaruhi tatanan sosial dan mempengaruhi variasi pekerjaan yang semakin luas akibat dari masuknya teknologi. Atas dasar ini, lahir jenis pekerjaan-pekerjaan baru, seperti Programmer, Content writer, Youtuber, hingga Gamer Professional.

pekerjaan wanita dengan gaji tinggi

Selain menelurkan variasi jenis pekerjaan, di masa pandemi Covid-19 ini tengah bergulir narasi #dirumahaja sebagai himbauan untuk tetap di rumah sekaligus menekan angka mobilitas sosial. Tidak dapat dipungkiri jika himbauan tersebut banyak menimbulkan pro dan kontra di kalangan masyarakat — terutama masyarakat yang bekerja di sektor konvensional.

Baca Juga: 8 Pekerjaan dengan Gaji Tinggi di Masa Depan

Pekerjaan yang Dapat Kamu Kerjakan di Rumah

Situasi pandemi yang menimbulkan ketakutan di masyarakat untuk melakukan mobilitas ke luar rumah, pada akhirnya mereproduksi pekerjaan yang dapat dikerjakan di rumah. Interpretasi dari konteks ini adalah bekerja secara online yang tidak membutuhkan pekerja untuk berada di kantor dan bekerja dari pukul 09.00–17.00.

Bekerja dari rumah memiliki limitasi waktu yang lebih fleksibel dan cenderung non-formal. Dalam konteks ini, teknologi dan digitalisasi adalah dua komponen terpenting dalam menjalankan ekosistem #bekerjadarirumah. Berikut adalah pekerjaan yang dapat kamu kerjakan di rumah dengan gaji tinggi.

Programmer

programer

Programmer adalah salah satu pekerjaan yang menjadi produk konkret dari perkembangan teknologi. Secara fungsional, programmer bertugas untuk merekonstruksi suatu sistem dengan kode (coding) berupa bahasa programming. Bahasa programming yang dirancang oleh programmer seperti, Phyton, Java, Javascript, dan lain sebagainya. Seorang programmer harus memiliki kompetensi skill di dalam bidang coding dan detail oriented terhadap memformulasikan suatu sistem untuk kebutuhan programming. Fleksibilitas dari seorang programmer adalah dapat bekerja di mana saja, terutama di rumah. Gaji programmer berkisar di angka Rp5 juta untuk pemula (beginner) dan Rp18 juta-Rp40 juta untuk yang profesional.

Content Writer

content writer

Content writer merupakan salah satu profesi yang cukup menjamur belakangan ini. Content Writer semakin diminati karena perkembangan media sosial yang serba masif. Sehingga media sosial dimanfaatkan oleh perusahaan sebagai arena marketing yang efektif. Content writer adalah pekerjaan berupa penulis profesional yang bertugas untuk melahirkan tulisan berupa konten-konten informatif dan kreatif sebagai bentuk marketing dari perusahaan. Profesi ini memiliki tanggung jawab dalam mengoptimasi agar tulisan dari konten tersebut dapat diterima oleh followers atau user sehingga meningkatkan awareness maupun engagement perusahaan. Pekerjaan yang membutuhkan kemampuan kreativitas dari content writer ini dapat dikerjakan di rumah, terutama di masa pandemi Covid-19. Gaji dari content writer berkisar di angka Rp4.4 juta hingga Rp6.3 juta.

Baca Juga: Mengulik CV ATS Friendly, “Jalan Ninja” untuk Sukses Dipanggil Interview Kerja

Content Creator

content creator

Content creator sebenarnya hampir mirip secara jobdesk dengan content writer. Diferensiasi yang tampak ada pada cakupan sektor yang lebih luas pada content creator. Jika content writer tugasnya hanya menulis konten, sedangkan content creator membuat konten dengan medium seperti gambar dan video yang diposting di media sosial. Media sosial ini mencakup Youtube, Instagram, Linkedin, Facebook, TikTok, dan lain sebagainya. Content creator bertanggung jawab dalam menggagas suatu ide dengan melakukan riset terhadap trend pasar yang sedang viral. Tidak hanya itu, content creator acap kali menjadi talent yang ikut tampil secara visual dan audio untuk memberikan suatu konten kepada audience. Tidak ada acuan yang formal dan tetap perihal gaji dari content creator karenanya sifatnya tentative.

UI/UX Designer

ui/ux designer

User Interface (UI) Designer dan User Interface (UX) Designer memiliki sinkronisasi yang inheren. UI Designer memiliki jobdesk dalam merumuskan tampilan (interface) dari suatu website atau aplikasi. Sedangkan UX Designer bertanggung jawab dalam bagaimana suatu website atau aplikasi dapat berjalan dengan baik sesuai dengan kenyamanan user. Secara detail, tugas dari UI/UX Designer yaitu melakukan desain interface dari website dan aplikasi sehingga dapat dioperasikan dengan baik serta nyaman oleh user. Desain yang dituangkan oleh UI/UX Designer adalah hasil dari riset mendalam agar melahirkan interface website dan aplikasi berasaskan kenyaman para user. Gaji dari UI/UX Designer berkisar di angka Rp8.5 juta hingga mencapai Rp 36 juta.

Video Editor

video editor

Video merupakan teknologi pengiriman sinyal elektronik berupa audio dan visual yang menghasilkan gambar yang dapat bergerak. Di era seperti ini, video editor menjadi pekerjaan yang dicari oleh banyak orang. Sebab kebutuhan video yang semakin masif sebagai platform visual membutuhkan sumber daya manusia untuk melakukan editing. Video editor bertugas dalam menyusun, memilah, hingga memanipulasi footage video yang telah direkam oleh videografer. Rata-rata gaji dari video editor adalah di angka Rp3.5 juta hingga Rp7 juta.

Professional Gaming

professional gaming

Siapa yang mengira bahwa bermain game dapat menjadi mata pencaharian utama dengan gaji yang tinggi. Bahkan secara berkelanjutan dan simultan dilaksanakan perlombaan game dengan peminat yang cukup banyak dari berbagai segmentasi. DOTA, Mobile Legends, CS: Global Offensive, dan sejenisnya menjadi beberapa kategori game yang diperlombakan secara internasional. eSports menjadi istilah yang ditetapkan sebagai industri game internasional yang sifatnya mengikat dan di dalamnya ada tim-tim yang berkompetisi dalam memenangkan berbagai perlombaan MOBA. Gaji pro player eSports berkisar di angka 200 USD hingga 6000 USD.

--

--

Harisenin.com

#1 Work-based Learning Platform. 🎓 Harisenin Millennials School 💁‍♀️ Harisenin Mini School 👩‍💻 Live Class #SadarHarusBelajar lynk.id/harisenin.com