6 Manfaat Belajar Akuntansi, Ada Apa Aja?

Harisenin.com
4 min readMar 4, 2022

Kalau kamu sedang belajar atau kuliah di jurusan yang ada bidang-bidang ilmu ekonomi-nya, pasti sudah tidak asing lagi sama materi akuntansi bukan? Tetapi kamu yang masih kaum awam atau pemula, sudah tahu belum sih apa yang dimaksud dari akuntansi? Kalau belum, kita langsung aja yuk cari tahu dan pastinya pelajari apa saja sih manfaat belajar akuntansi itu!

Menurut Financial Accounting Standards Board (FASB), Akuntansi adalah Kegiatan jasa yang berfungsi menyediakan suatu informasi atau data kuantitatif yang kemudian digunakan untuk pengambilan keputusan ekonomi. Jadi kalau ingin disimpulkan, akuntansi adalah sebuah kegiatan yang menghasilkan suatu laporan keuangan yang berguna untuk menentukan sebuah keputusan. Keputusan-keputusan ini bisa diberikan contoh seperti keputusan keuangan di sebuah perusahaan, keluarga, hingga individu atau pribadi.

Mengetahui akuntansi ini banyak sekali relasinya dengan bidang dan ilmu ekonomi, pasti anak-anak jurusan yang kuliahnya ekonomi sudah paham betul ya dengan makna dan rincian detailnya tentang materi akuntansi ini. Untuk kamu sendiri yang masih baru tahu atau terbilang pemula, sudah paham belum nih dari definisinya?

Baca Juga: Apa Sih Perbedaan Audit Internal dan Audit Eksternal?

Kalau kamu merasa belum paham, tenang saja ya! Karena kita akan mencari tahu apa saja sih manfaat-manfaat yang bisa kamu dapatkan dari mempelajari akuntansi. Dari manfaat-manfaat ini, mungkin kamu bisa tahu apakah dampak dari manfaat-manfaat ini di kehidupan kamu ternyata sangat berdampak banget! Yuk kita cek bareng-bareng!

  1. Materi Dasar Untuk Hitung Pajak

Kalau ingin menghitung pajak yang akan dibayar dan sebagainya, pastinya harus tahu materi dasar-dasarnya. Dengan itu, yuk belajar akuntansi dari awal agar kamu paham nantinya dalam menghitung pajak yang mungkin akan kamu bayar dan lain-lain. Kamu sendiri sudah pernah membayar pajak belum?

2. Mendapatkan Pinjaman Dari Pihak Kreditor

Apakah kamu pernah meminta pinjaman dari pihak kreditor? Misalkan saja untuk mencicil barang yang ingin kamu beli, tetapi membutuhkan uang pinjaman untuk membayarnya. Mulai dari metode pinjam dalam waktu satu bulan, hingga yang berbulan-bulan dan dibayar dengan cicilan.

Nah kalau kamu ingin meminjam dari kreditor, jangan sampai lupa untuk mempelajari akuntansi ya! Siapa tahu kamu jadi paham dan bisa pintar-pintar cara meminjam agar tidak sampai terlilit hutang.

3. Pengambilan Keputusan

Yang dimaksud dari pengambilan keputusan adalah bagaimana hasil yang kamu dapatkan nanti setelah membuat laporan keuangan. Dalam membuat laporan keuangan, pastinya kamu ada tujuan tersendiri untuk melihat pengeluaran dalam satu bulan. Sampai-sampai sebuah perusahaan yang mungkin melakukannya untuk pengambilan keputusan dalam segi keuangan mereka.

Baca Juga: 5 Metode Analisis Laporan Keuangan untuk Perusahaan

4. Mengetahui Kekayaan Sebuah Perusahaan

Tidak hanya ingin mengambil sebuah keputusan, perusahaan juga mendapatkan manfaat belajar akuntansi dengan mengetahui seberapa kaya mereka lho! Pastinya kalau ingin tahu berapa kekayaan dari perusahaan itu tidak semudah mengetahui atau melihat keuangan keluarga atau pribadi. Jadi, penting banget nih untuk perusahaan dengan merekrut orang-orang yang pastinya ahli banget sama akuntansi.

5. Pencatatan Ekonomi Keluarga

Di dalam sebuah keluarga, pengeluaran harian, bulanan hingga tahunan pastinya banyak sekali bukan? Dalam mempelajari akuntansi, mungkin kamu akan mendapatkan hasil laporan keuangan yang kamu telah keluarkan. Contohnya saja dalam kurun waktu satu bulan, kamu dapat mengetahui uang kamu digunakan untuk apa saja. Setelah itu, kamu jadi bisa memperhitungkan pengeluaran kamu dan keluarga bukan?

6. Mengetahui Penerimaan dan Pengeluaran Pribadi

Selain keluarga, untuk pengeluaran diri kamu sendiri juga sangat penting lho! Walaupun kamu saat ini mungkin sedang hidup sendiri dan belum keluarga, pastinya pengeluaran tetap berlangsung dan kamu harus hati-hati tentunya. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk belajar akuntansi untuk kehidupan sehari-hari kamu. Yuk belajar akuntansi!

Baca Juga: Wajib Tahu! 6 Prospek Kerja Jurusan Akuntansi Tahun 2022

Kesimpulannya adalah kamu sekarang sudah tahu bahwa dari mempelajari akuntansi, banyak sekali manfaat-manfaat yang akan kamu dapatkan. Mulai dari pengambilan keputusan, laporan keuangan, menghitung kekayaan perusahaan, sampai keuangan pribadi dan keluarga.

Setidaknya, kamu mempelajarinya untuk menjaga-jaga dari datangnya pajak atau menjaga pengeluaran yang mungkin akan menolong kamu suatu saat nanti. Jadi, jangan sampai kamu meremehkan materi akuntansi ini ya!

Sebelumnya kamu sudah pernah belajar akuntansi belum? Kalau belum, yuk kita belajar bareng!

--

--

Harisenin.com

#1 Work-based Learning Platform. 🎓 Harisenin Millennials School 💁‍♀️ Harisenin Mini School 👩‍💻 Live Class #SadarHarusBelajar lynk.id/harisenin.com