6 Fungsi HTML yang Wajib Diketahui

Harisenin.com
2 min readMar 23, 2022

HTML atau Hypertext Markup Language adalah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah struktur halaman website supaya dapat ditayangkan secara menarik pada tampilan website browser. Dimana fungsi HTML ini merupakan salah satu aspek dasar yang harus dikuasai oleh seorang web developer.

Maka dari itu, kali ini Harisenin akan membahas seputar fungsi HTML yang wajib diketahui oleh para calon web developer

Berikut 6 fungsi HTML yang wajib diketahui, yaitu:

fungsi html

Membuat Halaman Website

Fungsi utama HTML adalah untuk membuat halaman website. Hampir semua website yang ada di internet pasti menggunakan HTML.

Dimana kemudahaan pengalikasian HTML ini bisa digunakan oleh seorang pemula untuk membuat halaman website dalam memberikan informasi sehingga mudah untuk dibaca dan dipahami.

Menjadi Pondasi Dasar Website

HTML memiliki peran penting sebagai pondasi dasar dalam sebuah pembuatan website. Dimana dalam pengoperasiannya website yang memiliki bahasa HTML sebagai pondasi dasar dapat menggunakan berbagai fitur menarik lainnya seperti:

  • Java Script digunakan untuk mengatur perilaku website,
  • PHP digunakan untuk mengimplementasikan bahasa pemrograman server website,
  • CSS digunakan untuk mendesain tampilan website, dll.

Menandai Teks pada Halaman Website

HTML ini ditulis pada halaman dokumen dengan tag atau simbol tertentu. Dimana fungsi lain dari HTML adalah menjadi penanda teks seperti tebal, miring, bergaris tebal, dsb pada halaman website dengan memberikan simbol atau kode.

Contoh: <bold> untuk menebalkan teks, <italic> untuk memiringkan teks, dll

Menandai Bagian Pada Halaman Website

Selain itu, HTML juga berfungsi untuk memberikan tanda pada setiap bagian di halaman website. Seperti bagian header, main, footer, navigation, dan sebagainya sehingga dapat mempermudah saat proses pembuatan website.

Menampilkan Multimedia Pada Website

Fungsi lainnya dari penggunaan HTML ini adalah dapat membuat tampilan halaman website menjadi lebih menarik dengan menampilkan gambar, video, tabel, dan media lainnya sesuai kebutuhan website.

Mengarahkan Pengguna ke Halaman Website lain

Dalam HTML terdapat fitur hyperlink yang fungsinya adalah mengarahkan pembaca untuk mengunjungi halaman atau website lain yang memiliki informasi yang saling mendukung dengan halaman yang sedang dibaca melalui bentuk teks yang tampilannya lebih ditonjolkan agar dapat menarik perhatian pembaca.

Sampai disini materi mengenai fungsi HTML sangat menarik bukan?, dan sebenarnya masih banyak lagi hal-hal menarik seputar web developer yang bisa kamu dalami.

Tertarik untuk mengenal lebih dalam dan terjun di dunia web developer ?

Harisenin memiliki program bootcamp khusus web developer yang bisa kamu cek disini. Program bootcamp yang terjangkau dibanding bootcamp lain, serta tidak hanya itu tetapi masih banyak lagi manfaat yang kamu bisa dapatkan saat mengikuti bootcamp di harisenin.

--

--

Harisenin.com

#1 Work-based Learning Platform. 🎓 Harisenin Millennials School 💁‍♀️ Harisenin Mini School 👩‍💻 Live Class #SadarHarusBelajar lynk.id/harisenin.com