5 Referensi Buku Tentang Pengembangan Karir Terbaik Tahun 2022

Harisenin.com
4 min readFeb 16, 2022

Jika kamu ingin mengembangkan karir atau minimal ingin mencoba berkarir di arena yang baru. Ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mengakomodasi keinginan tersebut, salah satunya dengan membaca buku.

Membaca buku menjadi salah satu kegiatan positif yang dapat kamu kerjakan secara rutin untuk menambah wawasan mengenai suatu konteks tertentu. Oleh karena itu, Harisenin.com akan merangkum buku pengembangan karir terbaik yang dapat kamu baca di tahun 2022.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Buku untuk Kamu yang Tertarik dengan Human Resources

Get a Life, Not a Job — Paula Caligiuri

Terkadang kamu hidup dengan menjalankan rutinitas pekerjaan yang sebenarnya tidak nyaman untuk kamu. Ketidaknyamanan ini tentu disebabkan oleh berbagai faktor sentimentil dan personal. Tetapi, apakah kamu akan hidup hingga tua nanti dengan bekerja di posisi dan iklim kerja yang tidak relevan dengan diri kamu.

Beberapa narasi ini menimbulkan berbagai pertanyaan fundamental mengenai karir dan pekerjaan. Dalam buku yang ditulis oleh Paula Caligiuri ini, kamu akan dapat menemukan jawaban terkait pertanyaan yang dilematis seperti di atas ini.

Body of Work — Pamela Slim

Stuck dalam karir dan ingin meningkatkan karir kerja tapi terganjal oleh berbagai persoalan. Untuk itu, kamu perlu membaca buku berjudul Book of Work karya Pamela Slim ini. Di dalam narasi-narasi yang ditulis dengan begitu lugas dan jelas ini, terurai sebuah ide konseptual mengenai taktik dan tips-trik bagi kamu dalam meningkatkan karir.

Selain itu, kamu juga dapat berkontemplasi dan merenungkan diri mengenai apa motivasi bekerja. Serta, ada paradigma baru dari Pamela Slim berkaitan dengan pola kerja dengan peningkatan karir di sebuah perusahaan.

Lean in: Woman, Work, and the Will to Lead — Sheryl Sandberg

Perempuan hebat bernama Sheryl Sandberg adalah seorang profesional hebat yang tengah menduduki posisi Kepala Kantor Operasi Facebook. Menurutnya, kunci merengkuh kesuksesan yaitu menjadi lebih baik setiap harinya, setiap minggunya, setiap tahunnya. Dengan bertumbuh setiap hari — dalam konteks personal maupun pekerjaan, maka selalu ada jalan bagi kamu untuk berkembang.

Prinsip untuk selalu bertumbuh akan membuka pintu-pintu kesempatan baru untuk kamu meningkatkan karir sebagai seorang karyawan. Dalam buku ini, akan dijelaskan dengan begitu jelas terkait pentingnya membangun koneksi serta menelurkan kreativitas dalam bekerja.

Baca Juga: Jangan Bingung! Pahami Perbedaan CV dan Portofolio

The 7 Habits of Highly Effective People — Stephen Covey

Kebiasaan kamu akan mempengaruhi bagaimana kamu dikenal oleh orang lain. Impresi yang kamu hadirkan dalam kebiasaan melahirkan persepsi dari orang lain terhadap kamu. Karenanya, kebiasaan harus dibangun dengan semangat positivitas yang hasilnya akan berdampak dalam dirimu sendiri.

Dalam konteks pekerjaan, kebiasaan kecilmu ketika bekerja secara implisit menjadi salah satu kunci untuk meningkatkan karir kamu. Oleh karenanya, dalam buku yang ditulis oleh Stephen Covey ini akan memberikan beberapa kebiasaan yang secara efektif terhadap pekerjaan dan karir.

The Life-Changing Magic of Tidying Up: The Japanese Art of Decluttering and Organizing — Marie Kondo

Marie Kondo adalah salah satu wanita muda hebat yang telah banyak mempublikasikan karyanya yang selalu bertalian dengan budaya Jepang. Salah satu yang terkenal dan masuk dalam list New York Times adalah buku yang berjudul The Life-Changing Magic of Tidying Up: The Japanese Art of Decluttering and Organizing. Buku ini mengandung pesan yang begitu sentimentil bagi kamu, yaitu menciptakan suatu kebiasaan positif.

Kebiasaan itu berkaitan dengan hal-hal personal yang memiliki korelasi terhadap kondisi kejiwaan kamu dengan pekerjaan. Kamu yang mungkin stres saat bekerja, wajib membaca buku ini untuk mengobati kondisi kejiwaan kamu dan kembali semangat bekerja.

Baca Juga: 5 Buku Tentang Digital Marketing yang Wajib Kamu Baca!

--

--

Harisenin.com

#1 Work-based Learning Platform. 🎓 Harisenin Millennials School 💁‍♀️ Harisenin Mini School 👩‍💻 Live Class #SadarHarusBelajar lynk.id/harisenin.com