5 Kelebihan Social Media Marketing untuk Bisnis Kamu

Harisenin.com
3 min readFeb 5, 2022

Social media marketing bermetamorfosis sebagai medium pemasaran yang paling sering digunakan oleh berbagai sektor bisnis. Hal ini terjadi seiring dengan era modernisasi yang menghasilkan produk-produk teknologi dan digital. Kemudian, pengguna media sosial juga membengkak dan tidak terbendung jumlahnya. Menurut data dari Hootsuite pada tahun 2020, memperlihatkan jika setengah dari populasi dunia aktif menggunakan media sosial.

Sumber daya manusia (SDM) yang inklusif terhadap teknologi dan memiliki media sosial dengan jumlah yang masif menjadi lahan potensial bagi perusahaan untuk memasarkan produknya. Oleh karena itu, berbagai variasi digital marketing yang tersedia, social media marketing merupakan salah satu mekanisme yang diadopsi perusahaan untuk memasarkan produknya dengan efektif.

Baca Juga: Intip Variasi dan Strategi Digital Marketing yang Harus Kamu Tahu

Apa itu Social Media Marketing?

Kemajuan digitalisasi merubah berbagai konsepsi pemasaran yang sifatnya konvensional. Dahulu mungkin pemasaran hanya sebatas memasarkan produk melalui brosur, pamflet, dan iklan televisi maupun radio. Namun, saat ini strategi pemasaran semakin kreatif, inovatif, dan transformatif mengikuti berbagai platform yang bermunculan. Cara-cara ini dikenal dengan istilah digital marketing, yaitu proses pemasaran suatu produk dengan memanfaatkan platform digital.

Salah satu jenis dari digital marketing adalah social media marketing. Definisi dari social media marketing yaitu bentuk pemasaran digital yang memanfaatkan media sosial untuk memperkenalkan hingga memasarkan produk kepada target konsumen. Uniknya dari jenis pemasaran digital ini adalah proses pemasaran dapat dilakukan secara organik atau dengan cara yang berbayar. Sehingga suatu bisnis dengan berbagai tingkatan dapat menyesuaikan proses social media marketing dengan kebutuhannya.

Kelebihan Social Media Marketing?

Jika kamu adalah seorang pebisnis dan masih bimbang ingin menggunakan digital marketing jenis apa, mungkin social media marketing adalah pilihan yang tepat untuk kamu. Oleh karena itu, Harisenin.com telah merangkum beberapa kelebihan dari social media marketing.

Baca Juga: 8 Skill Wajib Dikuasai Saat Belajar Digital Marketing

Flexibility

Saat ini proses pemasaran tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Oleh karenanya, dengan memanfaatkan social media marketing sebagai strategi pemasaran akan mempermudah dalam memasarkan produk di mana saja dan kapan saja. Fleksibilitas ini juga berarti menyesuaikan waktu dari target konsumen ketika sedang online di media sosial yang dapat ditelusuri menggunakan tools social media analyst.

Social Media Marketing

Efficient

Perlu dipahami jika ada dua cara untuk meningkatkan traffic di media sosial, yaitu dengan cara organik dan cara yang berbayar. Jika kamu menggunakan cara organik dalam strategi pemasaran digital, maka kamu tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali. Dengan mengimplementasikan strategi yang tepat, maka bisnis kamu dapat menjangkau berbagai target konsumen yang jumlahnya sangat besar. Menerapkan teknik pemasaran ini sangat efisien daripada pemasaran konvensional yang menghabiskan biaya sangat tinggi namun dengan efektivitas yang rendah.

Accessibility

Media sosial menawarkan aksesibilitas yang begitu luas dan kemudahan untuk diakses di mana saja dengan media yang variatif. Di mana lebih dari 5 miliar populasi dunia memiliki handphone yang dimanfaatkan untuk mengakses segala hal — salah satunya media sosial. Dengan data ini dapat diketahui jika aksesibilitas media sosial dapat dimanfaatkan oleh suatu bisnis dalam memasarkan produknya secara sistematis dan efektif.

Good Service

Platform media sosial dapat menunjang bisnis kamu untuk membuka ruang layanan yang mengedepankan kenyamanan konsumen. Media sosial menawarkan fitur yang dapat membuka interaksi antara bisnis dan konsumen yang tentu dapat mengoptimalisasikan produk yang dijual. Responsivitas dari suatu bisnis untuk menjawab pertanyaan, kritik, dan saran dari konsumen akan menambah kenyamanan konsumen dalam membeli produk tersebut.

Improve Brand

Jika bisnismu tergolong masih baru dan ingin meningkatkan branding secara cepat, maka menerapkan social media marketing adalah jawabannya. Media sosial dengan user yang jumlahnya besar dapat kamu jadikan sarana untuk meningkatkan branding dari bisnis kamu. Bisa dengan cara organik atau cara berbayar, seperti menggunakan Google Ads, Facebook Ads, atau bahkan endorse ke selebgram dan influencer.

Baca Juga: Strategi Digital Marketing : Paid Ads vs Organic

--

--

Harisenin.com

#1 Work-based Learning Platform. 🎓 Harisenin Millennials School 💁‍♀️ Harisenin Mini School 👩‍💻 Live Class #SadarHarusBelajar lynk.id/harisenin.com