5 Faktor Pendukung Tercapainya Tujuan Karir

Harisenin.com
3 min readMar 4, 2022
Faktoor Pendukung Tercapainya Tujuan Karir

Tujuan karir merupakan rencana-rencana yang dibuat dalam bentuk jangka pendek dan jangka panjang secara matang dan hati-hati untuk memetakan peluang pencapaian perjalan karir yang ingin diraih atau dicapai di masa depan.

Dengan membuat rencana tujuan karir ini bisa kamu gunakan sebagai bekal atau pedoman dasar sebelum memasuki dunia kerja. Dimana rencana tujuan karir akan membantu kamu untuk lebih yakin dalam menghadapi setiap proses perjalanan karir yang akan kamu hadapi.

Maka dari itu, kali ini Harisenin akan mengulas faktor-faktor pendukung yang perlu diperhatikan dalam upaya mencapai tujuan karir Risers.

5 Faktor Pendukung Tercapainya Tujuan Karir

1. Memiliki Soft Skill dan Hard Skill

Dalam mencapai tujuan karir, faktor pendukung pertama yang perlu diperhatikan adalah soft skill dan hard skill.

Apakah kamu sudah punya soft skill dan hard skill yang sesuai dengan tuntutan dalam karir yang kamu inginkan?

Kamu bisa mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut dengan melakukan riset informasi terlebih dahulu mengenai peluang karir yang dituju.

Contoh tujuan karir kamu adalah menjadi seorang Human Resource. Untuk menjadi Human Resource ternyata kamu harus memiliki soft skill seperti public speaking, organize, dan problem solving. Sedangkan hard skill yang perlu dikuasai adalah updater penggunaan teknologi komunikasi dan tools adminisatasi, dll.

Dengan mengetahui soft skill dan hard skill yang dibutuhkan selanjutnya akan mempermudah kamu dalam melangkah ke faktor selanjutnya.

2. Memperbanyak Pengalaman

Setelah mengetahui soft skill dan hard skill yang dibutuhkan untuk menuju karir yang diinginkan. Faktor yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah mengasah skill tersebut dengan memperbanyak pengalaman.

pengalaman ini adalah bekal terpenting yang harus dimiliki saat akan meniti karir. Dimana untuk langkah pertama kamu bisa mengikuti kursus atau pelatihan online.

harisenin.com bisa jadi piliha terbaik kamu, dengan program bootcamp yang terjangkau dibanding bootcamp lain. Tidak hanya itu tetapi masih banyak lagi manfaat yang kamu bisa rasakan saat mengikuti bootcamp harisenin. ingin tahu ? cek disini

3. Keinginan Untuk Mengembangan Karir

Dalam meniti karir pasti semua orang ingin memiliki riwayat karir yang diibaratkan seperti naik tangga, dimana secara perlahan dan pasti naik ke tahap yang lebih tinggi dibanding sebelumnya.

Hal tersebut bisa terjadi dengan menanamkan prinsip ingin mengembangkan karir melalui dedikasi yang tinggi untuk terus belajar dan mengerjakan sebaik mungkin di setiap proses yang sedang kamu alami.

4. Terbuka Dengan Adanya Perubahan

Perubahan merupakan suatu hal yang pasti akan terjadi. Maka dari itu dalam upaya mencapai tujuan karir ini kamu tidak perlu khawatir apabila di pertengahan jalan karir menghadapi hal-hal yang terjadi diluar rencana.

Justru dengan adanya perubahan ini bisa memberikan dampak positif yang membuat kamu menjadi pribadi yang mudah untuk beradaptasi dengan berbagai situasi dan tidak membatasi kamu dengan kesempatan baru.

5. Konsisten

Setelah menjalankan keempat faktor diatas, selanjutnya faktor yang menjadi kunci utama dan penentu atas hasil yang akan kamu capai nanti dari tujuan karir ini adalah konsisten

Dimana dengan konsisten ini akan membawa kamu melangkah lebih jauh dan yakin di setiap prosesnya.

Walaupun menjaga konsisten di setiap situasi itu tidak mudah, kamu bisa mengatasinya dengan melihat tujuan awal kamu melangkah dan sejauh mana kamu berproses dibanding sebelumnya serta mencari lingkungan yang mendukung kamu untuk terus berkembang.

--

--

Harisenin.com

#1 Work-based Learning Platform. πŸŽ“ Harisenin Millennials School πŸ’β€β™€οΈ Harisenin Mini School πŸ‘©β€πŸ’» Live Class #SadarHarusBelajar lynk.id/harisenin.com