4 Tips Manajemen Waktu dalam Menjalankan Side Hustle

Harisenin.com
3 min readMar 10, 2022
side hustle

Side hustle merupakan sebutan untuk jenis pekerjaan sampingan yang dilakukan diluar pekerjaan utama. side hustle banyak diminati oleh banyak orang karena dalam pelaksanaannya side hustle ini cenderung lebih fleksibel dan biasanya berkaitan erat dengan hobi atau minat yang ingin mereka kembangkan.

Namun, Salah satu masalah yang sering terjadi saat akan melakukan side hustle adalah kendala dalam manajemen waktu. Dimana management waktu menjadi salah satu keterampilan yang penting untuk kamu miliki dalam melaksanakan side hustle yang sukses.

Maka dari itu, berikut Harisenin berikan 5 tips sukses manajemen waktu dalam menjalankan side hustle

Tips Manajemen waktu dalam Menjalankan Side Hustle

side hustle

1. Buat Daftar Kegiatan Harian

Karena side hustle merupakan salah satu kegiatan diantara banyaknya kegiatan lain yang harus kamu lakukan dalam sehari, maka dari itu membuat daftar kegiatan harian akan sangat membantu kamu agar lebih produktif.

Selain itu manfaat yang kamu dapat dari membuat daftar kegiatan harian adalah seperti mengetahui mana kegiatan yang harus menjadi prioritas serta membuat lebih fokus di setiap kegiatannya sehingga lebih efektif dan efisien.

2. Konsistensi Dengan Waktu Kerja

Dalam menjalankan side hustle kamu akan banyak sekali menghadapi gangguan baik itu dari faktor lingkungan maupun dari diri kita sendiri. Maka dari itu, kamu perlu memiliki konsistensi dalam meluangkan waktu untuk side hustle dan kegiatan lainnya yang akan kamu jalani.

Dimana Konsistensi ini akan membantu kamu dalam membiasakan diri dengan menjalankan setiap aktivitas secara lebih terstruktur dan produktif

3. Mengurangi Gangguan Dari luar

Dalam keseharian, kamu pasti pernah merasa kecanduan dan lupa waktu saat terlalu lama berselancar di sosial media, main game, nonton film dll. Gangguan dari luar tersebut memang wajar terjadi, dimana semua platform tersebut memang didesain untuk mendapat perhatian dan waktu kamu.

Maka dari itu, dalam menjalankan side hustle, kamu perlu mengurangi gangguan-gangguan dari luar tersebut dengan menganalisis mana saja kegiatan yang membuat produktivitas kamu berkurang dan coba kontrol kegiatan tersebut atau cara ekstrem lainnya adalah dengan secara perlahan singkirkan hal tersebut dari hidup kamu.

4. Belajar Selama Waktu Senggang

diantara kesibukan side hustle dan kegiatan lainnya, penting juga untuk kamu memperhatikan bagaimana selama ini kamu sudah memanfaatkan waktu senggang yang kamu miliki.

karena waktu kamu itu berharga, maka dari itu kamu harus mengisinya dengan kegiatan produktif yang bisa memberikan dampak positif seperti membaca buku atau mengikuti pelatihan , bootcamp, dll. Mungkin di awal akan sulit untuk menjadikanya sebagai kebiasaan tetapi tips ini akan sangat bermanfaat untuk masa depan kamu

Tertarik untuk mengisi waktu luang kamu dengan belajar untuk mempersiapkan masa depan yang cerah ?

Kamu bisa langsung bergabung di harisenin.com dengan program bootcamp yang terjangkau dibanding bootcamp lain. Tidak hanya itu tetapi masih banyak lagi manfaat yang kamu bisa rasakan. ingin tahu ? cek disini

Sekiranya dengan menerapkan empat tips mengenai manajemen waktu diatas, side hustle kamu akan menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

--

--

Harisenin.com

#1 Work-based Learning Platform. πŸŽ“ Harisenin Millennials School πŸ’β€β™€οΈ Harisenin Mini School πŸ‘©β€πŸ’» Live Class #SadarHarusBelajar lynk.id/harisenin.com